Info

Berat Badan Naik saat Di Rumah Aja? Turunkan dengan 5 Bahan Dapur Ini!

Beberapa orang mungkin mengeluh berat badan naik selama masa isolasi diri di rumah, tapi masalah ini bisa diatasi dengan rempah-rempah.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Beberapa orang mungkin mengeluhkan masalah berat badan naik ketika di rumah aja. Karena, pandemi virus corona Covid-19 ini telah mengubah pola hidup termasuk kebiasaan makan.

Situasi ini membuat orang lebih jarang bergerak, banyak duduk diam dan mengonsumsi makanan sesuai keinginannya. Sehingga asupan makan menjadi tidak terkontrol dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Tapi dilansir oleh Healthline, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa mencegah dan mengatasi kenaikan berat badan selama masa pandemi dengan mengonsumsi 5 rempah-rempah rumahan berikut ini.

1. Cabe rawit

Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang memberi rasa panas dan manfaat kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan kandungan dalam cabe rawit dapat meningkatkan metabolisme dan jumlah kalori yang dibakar setiap harinya.

2. Jahe

Jahe adalah rempah yang sering digunakan sebagai obat alami. Bahan dapur ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Studi menemukan jahe membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak sekaligus mengurangi penyerapan lemak dan nafsu makan.

Ilustrasi jahe - (Pixabay/Brett_Hondow)
Ilustrasi jahe - (Pixabay/Brett_Hondow)

3. Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan yang berasal dari kandungan kurkumin, yakni bahan kimia yang juga bisa menurunkan berat badan.

Satu studi pada 44 orang dengan kelebihan berat badan menunjukkan bahwa konsumsi kurkumin dua kali sehari selama satu bulan efektif bissa mengurangi lemak perut dan meningkatkan penurunan berat badan hingga 5 persen.

4. Lada hitam

Lada hitam adalah rempah yang mengandung senyawa piperine kuat. Senyawa ini tidak hanya memberikan rasa pedas, tetapi juga efek penurunan berat badan.

Ilustrasi lada hitam. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi lada hitam. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Satu studi juga menunjukkan bahwa piperine dalam lada hitam efektif menghambat pembentukan sel lemak.

5. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah aromatik yang kaya antioksidan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Sebuah studi menemukan kayu manis efektif menstabilkan gula darah dan membantu mengurangi nafsu makan.

Senyawa tertentu dalam kayu manis bisa meniru efek insulin, membantu transportasi gula dari aliran darah ke sel sebagai bahan bakar. Selain itu, kayu manis bisa menurunkan kadar enzim penceraan tertentu untuk memperlambat penguraian karbohidrat.

Berita Terkait

Berita Terkini