Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 13 Juli 2020

4 Vitamin agar Kulit Tetap Sehat saat Di Rumah Aja

Untuk menjaga kesehatan kulit, konsumsi 4 vitamin ini saat di rumah aja.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari perlu dihindari untuk melindungi kesehatan kulit. Namun, paparan matahari tidak selalu buruk, bahkan ia berkontribusi agar kulit tetap sehat.

Paparan matahari setiap hari selama 10-15 menit bisa membantu memproduksi vitamin D di seluruh kulit. Vitamin D salah satu vitamin terbaik untuk kulit, selain vitamin C, E dan K.

Vitamin memainkan peran penting dalam kesehatan kulit agar awet muda, menangani masalah kulit bintik-bintik gelap, kemerahan, keriput dan kekeringan. Adapun dilansir dari Healthline, berikut 4 jenis vitamin yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

1. Vitamin C

Vitamin C ditemukan pada tingkat tinggi di epidermis (lapisan luar kulit) serta dermis (lapisan dalam kulit). Khasiatnya melawan kanker (antioksidan) dan berperan dalam memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat.

Karena itulah, vitamin C adalah bahan utama yang selalu ditemukan dalam banyak jenis kosmetik dan produk perawatan kulit anti penuaan.

vitamin D (shutterstock)

2. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan, yang fungsi utamanya dalam perawatan kulit adalah melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari ketika diterapkan pada kulit.

menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari ketika diterapkan pada kulit. Sebum itulah yang akan membantu menjaga kondisi kulit dan mencegah kekeringan.

3. Vitamin K

Vitamin K sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah tubuh, yang membantu tubuh menyembuhkan luka, memar dan area yang terkena operasi.

Fungsi dasar vitamin K juga dianggap membantu kondisi kulit tertentu, seperti stretch mark, spider veins, bekas luka, titik gelap dan lirangan di bawah mata.

4. Vitamin D

Kolesterol dalam tubuh juga bisa berubah menjadi vitamin D yang kemudian diambil oleh hati dan ginjal. Lalu, vitamin D akan diangkut ke seluruh tubuh untuk membantu menciptakan sel-sel sehat.

Dalam kesehatan kulit, vitamin D sangat berperan penting dalam warna kulit. Bahkan vitamin D bisa membantu mengobati psoriasis.

Terkait

Terkini