Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 02 Juli 2020

Jaga Kekebalan Tubuh saat Pandemi, WHO Sarankan Tips Makanan Bergizi

WHO memberikan tips cara menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi makanan bergizi. (Unsplash/Max Delsid)
Ilustrasi makanan bergizi. (Unsplash/Max Delsid)

Himedik.com - Sampai sekarang belum ada obat yang disetujui untuk melawan virus corona Covid-19, penyakit yang menyerang saluran pernapasan.

Karena itu, ahli kesehatan telah menyarankan beberapa cara untuk mencegah penularan virus corona Covid-19, seperti mencuci tangan, menjaga jarak sosial hingga selalu memakai masker saat berpergian.

Selain itu, semua orang juga perlu menjaga asupan nutrisi sehari-hari. Menurut WHO, makanan bernutrisi bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit menular maupun tidak menular.

"Nutrisi yang tepat dan diet sehat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan secara optimal, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit menular maupun tidak menular," tulsi WHO Indonesia melalui Twitter.

Adapun makanan bernutrisi yang disarankan WHO untuk semua orang di tengah pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini, antara lain:

  1. Konsumsi makanan yang beragam
  2. Makan banyak buah dan sayur
  3. Kurangi konsumsi garam dan gula
  4. Atur kandungan lemak dan minyak dalam makanan
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Dilansir oleh hellosehat.com, daya tahan tubuh sangat penting dijaga supaya tubuh mampu menangkal semua jenis kuman yang akan masuk. Bila daya tahan tubuh seseorang menurun, makan kuman hingga virus penyebab penyakit sangat mudah menginfeksi tubuh.

Kenapa makanan bernutrisi penting untuk menjaga kekebalan tubuh?

Menurut The American Academy of Nutrition dan Dietetics menekankan bahwa konsumsi makanan bergizi sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi baik.

Sedangkan, makanan yang kaya lemak jenuh justru akan menurunkan atau mengganggu sistem kekebalan tubuh seseorang, ini termasuk keseringan konsumsi garam dan gula.

Karena itu, cobalah mengonsumsi buah dan sayuran akan vitamin C dan E yang bagus untuk menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Terkait

Terkini