Info

WHO Jelaskan Soal Virus Corona Covid-19 pada Uang Logam, Ini Sarannya!

WHO menjelaskan bahwa belum ada bukti kalau virus corona Covid-19 bisa menular melalui uang kertas dan uang logam, tetapi ada kemungkinan mengontaminasi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi uang China Yuan. (Pixabay)
Ilustrasi uang China Yuan. (Pixabay)

Himedik.com - Ahli kesehatan telah mengatakan virus corona Covid-19 dapat menular melalui cairan pernapasan tubuh dan permukaan yang terkontaminasi.

Karena itu, banyak orang pun mengkhawatirkan virus corona Covid-19 bisa menular melalui uang kertas dan uang logam. Akibatnya, ada beberapa daerah yang mulai mengurangi transaksi menggunakan uang tunai untuk menghindari risiko penularan virus.

Ada pula beberapa orang yang memilih menjemur uang logamnya untuk membunuh virus corona Covid-19 yang mungkin telah mengontaminasi.

Tetapi, apakah uang logam dan uang kertas benar bisa menyebarkan virus corona Covid-19?

WHO jelaskan mengenai penularan virus corona Covid-19 melalui uang logam.
WHO jelaskan mengenai penularan virus corona Covid-19 melalui uang logam.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sampai sekarang belum ada bukti untuk mengonfirmasi atau membantah bahwa virus corona Covid-19 bisa menular melalui uang logam dan uang kertas.

"Hingga saat ini belum ada bukti untuk mengonfirmasi atau membantah bahwa virus Covid-19 dapat menyebar melalui uang logam dan uang kertas," kata WHO melalui Twitter @WHOIndonesia.

Namun, Anda perlu mengingat bahwa percikan air liur dari orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 bisa mengontaminasi dan tertinggal di permukaan.

Jadi, cairan ini mungkin bisa mengontaminasi uang logam dan uang kertas. Tetapi, belum diketahui lamanya bertahan hidup dan kemungkinannya bisa mengontaminasi atau tidak.

Karena itu, WHO menyarankan semua orang mencuci tangan pakai air dan sabun secara teratur. Karena, cuci tangan adalah cara paling efektif mencegah penularan virus corona Covid-19.

Cuci tangan juga wajib dilakukan setelah menyentuh permukaan atau benda-benda yang sering disentuh orang, seperti uang logam dan uang kertas.

Selain itu, Anda perlu menghindari menyentuh mata, mulut dan hidung menggunakan tangan yang belum dibersihkan. Tetapi, lebih baik menghindarinya karena berisiko menularkan virus.

Berita Terkait

Berita Terkini