Info

Gejala Serangan Jantung Bisa Dirasakan di Mulut, Kenali Tandanya

Serangan jantung yang datang tiba-tiba menjadi penyakit yang sulit diantisipasi. Namun ternyata mulut dapat mengirimkan sinyal tertentu.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi nyeri dada, serangan jantung. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi nyeri dada, serangan jantung. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Dikenal mematikan, serangan jantung yang datang tiba-tiba memang sulit diantisipasi. Padahal, sebelum terjadi serangan jantung biasanya tubuh Anda  memberikan tanda-tanda tertentu, termasuk mulut dan rahang. 

Melansir dari Express, serangan jantung terjadi ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, biasanya oleh penumpukan jenis lemak yang disebut kolesterol.

Ketika pembuluh darah utama yang memasok jantung tersumbat oleh deposit kolesterol, maka akan menghasilkan penyakit jantung, penyebab utama serangan jantung.

Gejala peringatan serangan jantung dapat meliputi nyeri dada, nyeri bahu atau bahkan berkeringat. Jika Anda merasakan hal tersebut di mulut, itu juga bisa menjadi pertanda.

Jika seseorang memperhatikan rasa yang tidak biasa di mulutnya, sering digambarkan sebagai asam di mulut, itu bisa menjadi tanda peringatan.

Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)

Penyakit gusi atau periodontitis dapat menyebabkan penyakit jantung, karena penumpukan bakteri jahat di mulut dapat memasuki aliran darah.

Gejala penyakit gusi lainnya termasuk bau mulut, gigi rontok atau gusi yang meradang.

"Jantung, begitu integral dengan kehidupan. Itu berada di sangkar pelindung di dada, melakukan pekerjaannya tanpa ada tanda," kata Profesor Adam Taylor dari Universitas Lancaster.

Ilustrasi dada berdebar, serangan jantung. (Shutterstock)
Ilustrasi dada berdebar, serangan jantung. (Shutterstock)

"Bakteri jahat dapat memasuki aliran darah dari mulut dan menyebabkan peradangan di pembuluh darah, yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular," tambahnya.

Mengalami rasa sakit di rahang adalah tanda lain dari serangan jantung.

"Serangan jantung, bahkan dapat terjadi dengan gejala rasa sakit di rahang atau punggung," kata Profesor David Newby dari Universitas Edinburgh.

"Jika tidak kunjung membaik, segera hubungi petugas medis dan panggil ambulans," tambahnya.

Sementara itu, ahli menekankan bahwa gejala serangan jantung lebih bervariasi pada perempuan daripada laki-laki.

Berita Terkait

Berita Terkini