Info

9 Tips Menyimpan Makanan Segar saat Pandemi, Dijamin Lebih Awet!

Simak sembilan cara menyimpan makanan segar agar tidak mudah busuk saat pandemi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (pixabay)

Himedik.com - Saat pandemi corona Covid-19 berlangsung, Anda diharapkan bisa menyimpan makanan untuk beberapa hari agar meminimalisir kebutuhan ke luar rumah.

Dilansir dari Huffpost, beberapa makanan segar seperti sayur, buah, hingga daging sebenarnya bisa disimpan di waktu tertentu asal penyimpanannya benar. Berikut adalah beberapa cara menyimpan makanan segar agar bertahan lebih lama.

1. Daging

Untuk membantu mencegah penyebaran bakteri dan penyakit bawaan makanan, simpan daging, unggas, ikan, dan makanan laut dalam wadah tertutup atau kantong plastik di bagian bawah rak kulkas Anda.

Anda juga bisa menaruhnya di freezer dalam wadah atau kantong kedap udara. Namun jika menyimpannya di freezer, Anda tidak boleh terlalu lama menyimpannya.

2. Lapisi Rak Kulkas dengan Handuk atau Kain

Lapisi rak Anda dengan beberapa lembar tisu atau handuk kain yang dapat membantu menyerap kondensasi yang dihasilkan oleh sayuran dan buah-buahan saat dingin. Dengan alas, maka akan mengurangi kelembaban sayuran Anda sehingga tidak akan cepat layu.

ilustrasi daging. (Shutterstock)
ilustrasi daging. (Shutterstock)

3. Olesi Bagian Luar Alpukat dengan Air Lemon atau Minyak Zaitun

Olesi bagian luar alpukan dengan air lemon atau minyak zaitun. Asam sitrat dalam lemon dan komponen minyak melindungi alpukat dari oksidasi udara sehingga tidak cepat menghitam.

4. Jauhkan Apel dari Buah Lain

Apel menghasilkan gas etilen, yang membuat buah-buahan lain lebih cepat matang. Jadi jauhkan dari buah-buahan lain dan simpan dalam kantong plastik di kulkas.

5. Simpan Apel dengan Kentang

Satu apel yang disimpan di dalam sekantung kentang akan mencegah sayuran bertepung tumbuh dan tetap keras selama berbulan-bulan.

Makanan dan minuman di dalam kulkas [shuttertock]
Makanan dan minuman di dalam kulkas [shuttertock]

6. Jangan Menyimpan Tomat di Kulkas

Biarkan tomat tetap di meja. Tomat harus disimpan pada suhu ruang, sebab jika Anda mendinginkannya maka rasa tomat akan hilang.

7. Potong Bagian atas Wortel

Sebelum Anda memasukkannya ke dalam kulkas, potong bagian atas wortel Anda. Menurut Gardenista, batang berdaun mencuri nutrisi wortel itu sendiri.

8. Simpan Jamur Segar dalam Kantong Kertas

Kertas akan menyerap kelembabanjamur, sehingga mereka tidak akan cepat basah.

9. Jauhkan Paprika dari Kelembaban

Simpan paprika di rak, jauhkan dari buah-buahan dan sayuran agar tidak mudah busuk karena lembab.

Berita Terkait

Berita Terkini