Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 27 Mei 2020

Makan Blueberry, Buah Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Nutrisi dalam blueberry membantu melunakkan tekanan darah dengan meningkatkan kadar enzim yang membantu mengendurkan pembuluh darah.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Blueberry/unsplash
Blueberry/unsplash

Himedik.com - Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang makan blueberry setiap hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam tekanan darah sistolik dan diastolik setelah delapan minggu.

Di Indonesia sendiri prevalensi hipertensi meningkat dari tahun 2013 ke 2018, dilihat dari survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Riskesdas 2013 menunjukkan hipertensi memiliki prevalensi 25,8 persen, angka ini naik tajam di Riskesdas 2018, yakni 34,1 persen.

Tekanan darah tinggi awalnya sering kali tidak disadari, sehingga Anda perlu mencegah sebelum penyakit tersebut benar-benar datang.

Dilansir dari Express, ada beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya adalah blueberry.

Pakar kesehatan terkemuka percaya itu adalah nutrisi dalam blueberry yang membantu melunakkan tekanan darah dengan meningkatkan kadar enzim yang membantu mengendurkan pembuluh darah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Gerontology Series A menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 200 gram blueberry setiap hari selama sebulan mengalami peningkatan  fungsi pembuluh darah.

Hasilnya menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

Para peneliti dari King’s College London mempelajari 40 sukarelawan sehat selama satu bulan dan diberikan minuman yang mengandung blueberry.

Para peneliti mengamati darah, urin, tekanan darah, dan pelebaran yang dimediasi oleh aliran arteri brakialis yang merupakan ukuran bagaimana arteri melebar saat aliran darah meningkat.

Tekanan darah partisipan berkurang sebesar 5mmHg, mirip dengan apa yang biasa terlihat dalam penelitian dalam penggunaan obat tekanan darah.

"Jika perubahan yang kita lihat dalam fungsi pembuluh darah setelah makan blueberry setiap hari dapat dipertahankan untuk seumur hidup seseorang, itu bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 20 persen, ” kata Dr .Ana Rodriguez-Mateos, dari departemen ilmu gizi di King's College London.

The American Heart Association menambahkan, bahwa untuk menjaga tekanan darah Anda juga perlu memerhatikan pola makan.

“Biasakan membaca label makanan untuk membantu Anda memilih makanan dengan lebih bijak. Perhatikan makanan yang memiliki lemak jenuh atau lemak stan, faktor yang dapat meningkatkan kolesterol Anda," kata pihak The American Heart Association.

“Makan makanan yang tinggi sodium bisa meningkatkan tekanan darah. Umumnya, semakin tinggi asupan garam Anda, semakin tinggi tekanan darah Anda," tambahnya.

Terkait

Terkini