Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 25 Mei 2020

Agar Ibadah Lancar, Hindari 6 Makanan Ini untuk Cegah Sembelit saat Puasa!

Sembelit menjadi kondisi umum yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, termasuk saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sembelit. (shutterstock)
Ilustrasi sembelit. (shutterstock)

Himedik.com - Sembelit saat puasa memang merupakan salah satu keluhan yang kerap hadir. Tentu saja hal ini bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa Ramadan.

Oleh karena itu, untuk menghindari sembelit saat puasa, ada baiknya untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Dirangkum dari Medical News Today, berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari atau dikurangi konsumsinya agar tidak sembelit saat puasa.

1. Nasi putih
Nasi putih termasuk hasil dari biji-bijian olahan yang mengandung lebih sedikit serat daripada biji-bijian utuh, membuatnya lebih memicu sembelit.

2. Daging merah
Daging merah umumnya tinggi lemak dan rendah serat, suatu kombinasi nutrisi yang dapat meningkatkan risiko sembelit. Tidak seperti jenis daging lainnya, seperti unggas dan ikan, daging merah umumnya mengandung jumlah lemak yang lebih tinggi, dan makanan berlemak tinggi membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna.

Ilustrasi gorengan. (Shutterstock)
Ilustrasi gorengan. (Shutterstock)

3. Gorengan
Gorengan saat berbuka memang menggoda, tapi makanan ini mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga sulit dicerna tubuh yang pada akhirnya memicu sembelit. Jangan makan gorengan terlalu banyak saat berbuka.

4. Makanan cepat saji
Seperti gorengan, makanan cepat saji mengandung banyak garam, yang dapat menurunkan kadar air tinja, mengeringkannya, dan membuatnya lebih sulit untuk didorong keluar.

Burger merupakan salah satu contoh makanan cepat saji yang digemari banyak orang. (sumber: Visualphotos)
Burger merupakan salah satu contoh makanan cepat saji yang digemari banyak orang. (sumber: Visualphotos)

5. Makanan olahan susu
Dalam jumlah besar, produk susu, seperti susu, keju, yogurt, dan es krim, dapat menyebabkan banyak orang menjadi sembelit.

6. Makanan tinggi gula
Berbuka dengan yang manis menjadi budaya bagi banyak orang, tapi terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula akan menyebabkan sembelit. Sebab mereka minim serat baik untuk saluran pencernaan.

Terkait

Terkini