Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 27 Mei 2020

Supaya Puasa Tidak Lemas, Hindari 4 Makanan Ini saat Sahur!

Beberapa makanan yang dikonsumsi saat sahur dapat menyebabkan tubuh lebih lemas, lelah dan mengantuk.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi makan sahur. (Shutterstock)
Ilustrasi makan sahur. (Shutterstock)

Himedik.com - Tak jarang saat menjalani ibadah puasa Ramadan, tubuh terasa lebih lemas. Kondisi ini normal terjadi ketika tubuh mulai dehidrasi.

Karena itu, kita perlu memperhatikan asupan minum untuk menjaga hidrasi tubuh selama puasa. Selain itu, kita juga perlu memilah makanan yang tepat dikonsumsi selama puasa.

Sebab, beberapa makanan justru menyebabkan tubuh lebih lemas, lelah dan mengantuk. Dilansir dari Sleep.org, berikut ini makanan yang seharusnya dihindari ketika sahur selama bulan puasa Ramadan.

1. Ceri

Ceri termasuk buah yang tinggi hormon melatonin untuk mengontrol siklus tidur dan bangun. Sehingga, dosis ekstra dari hormon melatonin bisa mengirim sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya tidur.

Karena itu, lebih baik Anda menghindari konsumsi ceri saat sahur karena akan membuat tubuh lebih lelah dan mengantuk saat menjalani puasa. Anda bisa mengonsumsinya ketika hendak tidur malam.

Ilustrasi roti (shutterstock)
Ilustrasi roti (shutterstock)

2. Roti

Karbohidrat menyebabkan kadar glukosa darah melonjak cepat, karena itu Anda akan merasa tiba-tiba tubuh berenergi. Tapi, Anda akan mengalami tabrakan energi yang membuat siap tidur siang bisa kadar glukosa ini mulai turun kembali.

Dalam hal ini, karbohidrat olahan seperti roti salah satu yang perlu dihindari ketika sahur. Sedangkan roti gandum cenderung akan membuat Anda merasa lamban.

3. Coklat hitam

Meskipun cokelat hitam mengandung kafein, tapi cokelat ini juga mengandung serotonin, neurotransmitter yang berfungsi membantu tubuh rileks.

Berbeda dengan susu cokelat yang justru tidak mengandung serotonin dan bisa membuat Anda lebih berenergi. Karena itu, hindari makan cokelat hitam batangan ketika sahur.

Ilustrasi kulit pisang. (Pixabay)
Ilustrasi pisang. (Pixabay)

4. Pisang

Kandungan kalium dan magnesium dalam pisang juga bisa menyebabkan Anda mengantuk. Karena, kandungan dalam pisang ini membantu mengendurkan otot-otot Anda dan membantu tidur lebih nyenyak.

Karena itu, jangan mengonsumsi pisang ketika sahur. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk sebagai pengganti pisang karena akan membuat tubuh bertenaga meski puasa.

Terkait

Terkini