Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 27 Mei 2020

Menjaga Gigi Tetap Sehat selama Karantina, Terapkan 5 Tips Ini

Berikut tips dari dokter gigi yang bisa Anda lakukan selama di rumah aja akibat pandemi corona.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Sikat gigi. (Pixabay/jennyfriedrichs)
Sikat gigi. (Pixabay/jennyfriedrichs)

Himedik.com - Selama masa pandemi corona Covid-19, bukan berarti saatnya malas-malasan membersihkan gigi. Sebab, menjaga gigi saat pandemi corona seperti ini sangatlah penting agar bisa menghindari kunjungan ke dokter gigi

Demi menjaga kesehatan gigi Anda selama karantina di masa pandemi corona, berikut ini adalah panduan dari dokter gigi yang berbasis di New York City, Dr. Andi Miro, dirangkum dari Vogue.

1. Jadwal sikat gigi yang teratur
"Jangan pernah meremehkan jadwal menyikat gigi dan flossing yang baik," kata Miro, menekankan pentingnya mematuhi rutinitas kebersihan mulut yang tepat bahkan saat tinggal di rumah.

Dokter gigi merekomendasikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, memakai obat kumur, dan flossing gigi setidaknya sekali sehari.

Untuk obat kumur, baiknya menghindari yang mengandung alkohol karena memiliki kecenderungan untuk mengurangi aliran saliva. Menurut ahli, ini dapat mengurangi pembersihan bakteri dan menyebabkan bau mulut.

Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)

2. Minum lebih banyak air
Untuk kulit yang terhidrasi dan gigi yang lebih sehat, Miro merekomendasikan untuk minum satu ton air.

"Peningkatan konsumsi air sangat bagus untuk kulit Anda dan juga pembersihan mulut," katanya.

"Plus, itu akan menyeimbangkan pH mulut Anda dan bekerja untuk membersihkan makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi Anda."

3. Tutup sikat gigi
Miro menekankan pentingnya tidak membiarkan sikat gigi Anda terekspos ke udara. "Penutup sikat gigi adalah cara yang bagus untuk melindungi bakteri di udara agar tidak bersarang di sikat gigi," katanya.

Namun pada umumnya, ahli merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi atau kepala sikat elektronik Anda setiap tiga bulan sekali.

"Banyak yang mengabaikan mengganti kepala sikat setelah sembuh dari sakit," katanya. "Jika Anda curiga Anda menderita Covid-19, gantilah sikat gigi Anda segera."

Ilustrasi sikat gigi anak-anak. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi anak-anak. (Shutterstock)

4. Mengunyah dengan hati-hati
"Banyak kedaruratan gigi yang kita saksikan hari ini adalah akibat dari patahnya gigi yang menyakitkan karena makan makanan keras," Miro menjelaskan.

Cara termudah untuk menghindari gigi patah, adalah menghindari makan apa pun yang sulit dikunyah dan terlalu keras.

Terkait

Terkini