Info

Konsumsi Air Madu Mentah selama Puasa, Ini Khasiatnya!

Ahli gizi ungkap manfaat konsumsi madu mentah dalam kondisi perut kosong saat puasa.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi madu mentah. (Pixabay)
Ilustrasi madu mentah. (Pixabay)

Himedik.com - Ibadah puasa Ramadan telah lama diketahui bisa membantu detoksifikasi tubuh. Selain menghilangkan racun di tubuh, puasa sekaligua dapat menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis jus buah hingga teh herbal yang bisa membantu detoksifikasi tubuh. Tapi, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi jus buah karena bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Biasanya orang akan merasa lebih energik, tubuh terasa ringan, lebih mudah berpikir dan merasa sehat secara keseluruhan setelah mendetoksifikasi tubuh.

Dilansir dari laman Balqees, nampaknya Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi madu mentah selama berpuasa.

Karena, madu mentah atau madu yang belum dipasteurisasi penuh dengan gula alami, enzim, fitonutrien, mineral, vitamin dan memiliki sifat antibiotik serta antiseptik yang baik untuk tubuh.

Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)
Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Adapun 3 komponen utama dalam madu yang sangat penting, yaitu fruktosa, glukosa dan air yang bisa memberikan energi pada tubuh selama berpuasa seharian.

Caranya, Anda bisa minum air madu mentah dalam kondisi perut kosong. Anda bisa meminumnya sebelum sahur atau saat berbuka puasa ketika belum mengonsumsi apapun.

Minum air madu mentah dalam kondisi perut kosong bisa membantu hidrasi, mengisi kembali nutrisi penting dan membantu meremajakan tubuh.

"Glukosa dalam madu mentah diserap lebih cepat daripada sumbe gula, sehingga kandungan ini bisa memberikan dorongan energi cepat," kata Benin Shahine, ahli gizi klinis.

Kandungan 17 gram karbohidrat dalam satu sendok makan madu mentah juga baik untuk membuat tubuh berenergi selama puasa Ramadan. Benin menyarankan orang yang kebiasaan minum sirup menggantinya dengan air madu mentah.

Bahkan penderita diabetes boleh saja mengonsumsi air madu mentah dalam jumlah kecil, karena bisa membantu mengatur kadar gula darah.

Madu mentah bisa membantu tubuh berenergi selama berpuasa karena mengandung glikogen yang bermanfaat untuk kadar gula darah. Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke dalam air madu mentah untuk menyeimbangkan gula darah.

Berita Terkait

Berita Terkini