Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 27 Mei 2020

Bisa Tularkan Covid-19, Taruh Paket di Luar selama 72 Jam sebelum Dibuka!

Paket pengiriman bisa jadi media penularan virus corona Covid-19, karena itu Anda perlu meletakkannya di luar selama 3 hari sebelum dibuka.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi paket kiriman. (Pixabay)
Ilustrasi paket kiriman. (Pixabay)

Himedik.com - Penularan virus corona Covid-19 bisa terjadi jika seseorang lupa mencuci tangan setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Karena virus corona Covid-19 bisa bertahan di permukaan benda cukup lama.

Para peneliti dari Bath, Bristol dan Southampton University akhirnya menyusun panduan pertahanan kuman untuk membantu menurunkan jumlah orang terinfeksi virus mematikan tersebut.

Salah satu panduannya, mereka mendesak semua orang untuk meletakkan kotak pengiriman atau paket pengiriman di luar atau tempat khusus selama 3 hari atau 72 jam sebelum membukanya.

"Anda perlu meletakkan paketan di tempat khusus selama 3 hari atau 72 jam sampai virus corona Covid-19 di permukaan benar-benar mati, baik paketan berbentuk kardus, plastik atau logam," kata peneliti melalui situs web yang dilansir oleh The Sun.

Menurut peneliti, seseorang bisa terhindar dari penularan virus corona Covid-19 bila menunggu 3 hari untuk membuka paketan.

Ilustrasi paket belanja online / online shop
Ilustrasi paket belanja online / online shop

Anda juga bisa menunggunya lebih dari 3 hari bila tidak yakin. Jika menunggu 3 hari tidak memungkinkan, sebenarnya virus corona Covid-19 di permukaan juga sudah melemah setelah satu hari didiamkan.

Mereka juga menyarankan seseorang untuk membersihkan permukaan paketan menggunakan disinfektan bila tidak memungkinkan harus menunggu selama 3 hari.

Saran ini muncul setelah seorang dokter terkemuka di Inggris, Profesor Chris Whitty mengatakan tetesan infeksi virus corona Covid-19 bisa bertahan di permukaan keras selama 72 jam.

Namun, dia mengatakan sebagian besar kasus virus corona Covid-19 bisa hilang dari permukaan setelah 48 jam.

"Sebagian besar virus ini mungkin hilang setelah 48 jam dan hampir sepenuhnya hilang setelah 72 jam di permukaan keras. Sedangkan virus di permukaan lunak hanya bisa bertahan sebentar," kata Kepala Petugas Medis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyarankan hal demikian. Karena, ada kemungkinan seseorang bisa terinfeksi virus corona Covid-19 dari paket yang diterimanya.

Terkait

Terkini