cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Ringankan Stres dan Depresi akibat di Rumah Aja, Minum Kopi 2 Kali Sehari!

Penelitian menemukan bahwa minum kopi dua kali sehari bisa meringankan stres dan depresi akibat di rumah aja selama wabah virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)
Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Banyak orang mungkin merasakan perubahan suasana hati selama di rumah aja akibat virus corona Covid-19. Ada pula yang mengalami masalah mental akibat stres, cemas dan ketakutan dengan situasi sekarang.

Para ilmuwan di Universitas Harvard pun berpendapat bahwa minum kopi sekitar dua cangkir sehari bisa mengurangi depresi akibat masa karantina mandiri.

Mereka percaya kalau efek positifnya pada kesehatan mental terkait dengan kemampuannya untuk memblokir reseptor di otak. Terutama kaitannya dengan bahan kimia yang menyebakan kelelahan dan suasana hati tertekan.

Sifat anti-inflamasi dan kemampuan kopi untuk bertindak sebagai antioksidan juga bisa berkontribusi dalam mengurangi tingkat depresi seseorang selama di rumah aja.

Penelitian baru juga telah mengevaluasi data dari 100 studi berskala besar yang mencakup 300 ribu orang selama 5 tahun.

Profesional medis merilis penelitian itu untuk memberikan peringatan bahwa pembatasan gerak selama pandemi corona Covid-19 bisa menyebabkan krisis kesehatan mental baru.

Ternyata minum kopi tiap pagi bisa turunkan berat badan (shutterstock)
minum kopi (shutterstock)

Kantor Statistik Nasional mengungkapkan bahwa orang-orang yang terkunci lebih mengkhawatirkan kesejahteraan mentalnya daripada kesehatan umum mereka selama di rumah aja.

Hasilnya, dua pertiga dari mereka yang berusia 70 tahun ke bawah adalah golongan yang paling terpengaruh kebosanan, stres, kecemasan dan ketidakmampuan membuat rencana.

Sedangkan, orang yang berusia di atas 70 tahun lebih mengkhawatirkan tentang pekerjaan dan kesehatan keluarganya.

"Bukti menunjukkan bahwa peminum kopi secara signifikan lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi daripada orang yang tidak minum kopi," Dr Alan Leviton dikutip dari The Sun.

Alan juga mengatakan efek positif minum kopi pada kesehatan mental terkait dengan sifat anti-inflamasi, anti-oksidatif dan mikrobiome yang juga terkait dengan penurunan risiko peminum kopi mengembangkan kanker tertentu dan penyakit kronis.

Presiden Bill Muray juga tak mengelak kalau pandemi corona Covid-19 ini telah meningkatkan stres pada banyak orang. Namun, orang yang minum kopi menunjukkan hidupnya yang lebih sehat, bahagia dan lama.

Terkait

Terkini