Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 27 Mei 2020

Kulit Memberi Sinyal Terkait Kesehatan Tubuh, Kenali 4 Tandanya

Berbagai masalah kulit ternyata bisa menandakan suatu kondisi di tubuh Anda.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi lipatan leher hitam. (yummylooks.com)
Ilustrasi lipatan leher hitam. (yummylooks.com)

Himedik.com - Kulit ternyata memberikan sinyal kesehatan tubuh Anda. Sehingga masalah kulit sering kali berhubungan dengan kesehatan secara keseluruhan.

Melansir dari Medical News Today dan WebMD, berikut adalah empat masalah kulit yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh Anda. 

1. Plakat Beludru Tanda Diabetes

Melansir dari WebMD, Plakat Beludru atau kehitaman tebal di kulit bagian lekuk leher atau ketiak bisa jadi tanda diabetes. Kondisi ini memang bisa disebabkan oleh obesitas. Tetapi ini sering menjadi pertanda diabetes.

Dalam kasus yang jarang, acanthosis nigricans atau plakat beludru yang terjadi di tempat lain, seperti tangan atau bibir dapat mengindikasikan kanker internal.

2. Ruam Hitam di Wajah Tanda Lupus

Ruam hitam di wajah yang mirip bentuk kupu-kupu sering kali merupakan tanda pertama lupus, tapi Anda tetap jangan langsung menyimpulkan.

"Bisa jadi rosacea, bisa jadi dermatitis kontak. Sayangnya, kadang-kadang itu adalah tanda lupus," kata ahli kulit Universitas Miami Paolo Romanelli, MD pada WebMD.

Jerawat membuat Anda tak nyaman, karena mengganggu penampilan.
Jerawat membuat Anda tak nyaman, karena mengganggu penampilan.

3. Jerawat dan Masalah Hormon

Dilansir dari Medical news Today, saat remaja jerawat mungkin disebabkan oleh produksi minyak berlebih, tetapi seiring bertambahnya usia, jerawat seringkali disebabkan hormon. Hal tersebut dinyatakan oleh Marisa K. Garshick, MD, seorang dokter kulit berlisensi di New York.

Jerawat hormonal pada perempuan sering memburuk dengan siklus menstruasi. Benjolan jerawat yang disebabkan hormon biasanya muncul lebih dekat ke garis rahang dan dagu.

Jerawat hormonal sering terlihat lebih bersifat radang, jadi perawatan yang tepat adalah menenangkan kulit Anda. Carilah benzoil peroksida topikal, yang menargetkan Cutibacterium acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat.

Jika kulit Anda sensitif, produk yang mengandung sulfur atau kulit pohon willow juga dapat membantu membersihkan kulit.

Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

 

4. Lingkaran Galap Mata Bisa Saja Bukan Karena Kurang Tidur

Genetika memainkan peran besar dalam lingkaran hitam pada mata. Anda dapat membantu mengurangi lingkar mata dengan krim mata yang mengandung antioksidan cerah, seperti vitamin C dan vitamin E.

Jika lingkaran terlihat lebih biru-abu-abu, masalahnya mungkin pembuluh darah terlihat melalui kulit yang tipis. Dalam hal itu, produk yang mengandung kafein dapat membantu menutup pembuluh darah untuk mengurangi gelap di bawah mata.

Terkait

Terkini