Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 25 Mei 2020

Selain Diare, Virus Corona Covid-19 Juga Sebabkan Pneumatosis

Infeksi virus corona Covid-19 bisa menyebabkan sakit perut yang mengarah pada pneumatosis.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
ilustrasi pria alami gejala virus corona Covid-19 (shutterstock)
ilustrasi pria alami gejala virus corona Covid-19 (shutterstock)

Himedik.com - Gejala virus corona Covid-19 yang paling umum adalah batuk persisten dan demam tinggi. Tetapi, ada pula beberapa pasien corona Covid-19 yang tidak mengalami dua gejala umum, tetapi tanda tersembunyi lainnya.

Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa masalah pencernaan atau sakit perut juga termasuk tanda tersembunyi infeksi virus corona Covid-19.

Beberapa pasien corona Covid-19 pun cukup banyak yang mengalami gejala masalah pencernaan. Salah satunya, diare disebut sebagai tanda awal potensial infeksi virus corona Covid-19.

Tetapi dilansir oleh Express, kini ahli kembali menemukan sejumlah pasien virus corona Covid-19 dengan masalah pencernaan lain, seperti pneumatosis.

Pneumatosis adalah kondisi yang terjadi akibat penumpukan gas di dinding usus. Pneumatosis bisa menyebabkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan, termasuk sembelit dan sakit perut.

Ilustrasi sakit perut akibat Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut akibat Covid-19. (Shutterstock)

Para peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston, AS memeringatkan pasien corona Covid-19 yang mengembangkan pneumatosis cenderung mengalami gejala yang lebih serius dan perlu perawatan intensif di rumah sakit.

"Kami menemukan kelainan usus pada pencitraan pada pasien dengan corona Covid-19, terutama pada pasien yang berada di unit perawatan intensif," kata Dr Rajesh Bhayana.

Rajesh Bhayana mengatakan pasien di ICU bisa menderita iskemia usus karena penyebab lain. Tapi, virus corona Covid-19 juga bisa menyebabkan pembekuan dan cedera pembuluh kecil.

Sehingga kondisi itu akan berdampak pada usus. Tapi, bila Anda mengalami sakit perut juga tak selalu tanda peringatan virus corona Covid-19.

Sebab, nyeri perut bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi, termasuk gas yang menumpuk atau gangguan pencernaan.

Namun, Anda harus membicarakannya dengan dokter bila sakit perut tidak mereda cukup lama dan lebih parah seiring berjalannya waktu. Terlebih, bila sakit perut juga disertai oleh nyeri dada.

Sementara itu, Anda lebih mungkin terinfeksi virus corona Covid-19 bila mengalami dua gejala umum, yakni demam dan batuk terus-menerus. Ada pula pasien yang mengeluhkan sakit kepala, ruam hingga kebingungan.

Bila Anda khawatir sedang terinfeksi virus corona Covid-19, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter dan mengarantina diri selama 14 hari untuk mencegah penularan virus.

Terkait

Terkini