Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 13 Juli 2020

Keluhan Nyeri Punggung Meningkat saat WFH, Begini Cara Atasinya

Sejak pandemi dan anjuran berada di rumah disiarkan di seluruh dunia, keluhan nyeri punggung meningkat secara global.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Sakit punggung. (Arthritis Research UK)
Sakit punggung. (Arthritis Research UK)

Himedik.com - Keluhan nyeri punggung meningkat saat pandemi terkait anjuran bekerja di rumah. Hal tersebut dilaporkan oleh perusahaan terapi digital Kaia Health.

Dilansir dari Insider, Kaia Health menyurvei pelanggan mereka mengenai dampak isolasi terhadap kesehatan fisik dan mental. Mereka mendapatkan data dari 25.000 orang dari berbagai enam negara, yakni Prancis, Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, dan Amerika Serikat.

Para responden berusia antara 25 hingga 55 tahun dan merupakan bagian dari sampel populasi yang representatif.

Pada riset itu, Kaia Health menemukan bahwa orang-orang dalam isolasi yang panjang selama lebih dari tujuh hari cenderung melaporkan peningkatan sakit punggung.

Sekitar 53 persen orang dalam situasi isolasi tinggi yang tidak pernah meninggalkan rumah selama setidaknya tujuh hari, mengatakan sakit punggung mereka meningkat dari menonton TV atau streaming video untuk jangka waktu yang lama.

ilustrasi nyeri punggung
ilustrasi nyeri punggung

Sementara orang yang malakukan isolasi ringan dengan setidaknya sekali keluar rumah dalam seminggu mengalami nyeri punggung sebanyak 38 persen.

28 persen responden dengan isolasi ringan dan 37 persen responden isolasi ketat mengatakan rasa sakit mereka meningkat karena mereka telah bekerja dari tempat tidur dan sofa mereka lebih lama.

Latihan yang Dapat Meringankan Nyeri Punggung

Meskipun banyak yang tidak memiliki pilihan untuk bekerja di rumah saat ini, tapi ada peregangan dan latihan yang dapat membantu meringankan nyeri punggung.

Anda bisa lakukan sikap Sphinx yang biasa dilakukan pada latihan yoga. Dalam hal ini Anda bisa berbaring tengkurap dan melengkungkan sejenak punggung Anda ke atas.

Anda juga bisa berbaring telentang dan meringkuk seperti bola atau duduk di kursi dan membungkuk ke depan untuk menghilangkan sakit punggung karena duduk sepanjang hari.

Terkait

Terkini