cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Minimalisir Efek Samping, Hindari 3 Hal Ini saat Minum Cuka Sari Apel

Rutin minum cuka sari apel diyakini bermanfaat bagi tubuh, namun baiknya hindari hal berikut.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Manfaat sari cuka apel bagi kulit. (Pixabay/wicherek / 2 images)
Manfaat sari cuka apel bagi kulit. (Pixabay/wicherek / 2 images)

Himedik.com - Cuka sari apel atau Apple Cider Vinegar (ACV) sangat populer akan manfaat kesehatan bagi tubuh. Bukti menunjukkan, ACV dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan membantu mengurangi kadar kolesterol darah.

Menurut Healthline yang dikutip oleh Medical Daily, ACV juga dapat digunakan sebagai desinfektan karena dapat membunuh bakteri berbahaya.

Ini juga dapat digunakan sebagai obat umum untuk kondisi kulit seperti eksim dan kulit kering. Selain itu, dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Karena berbagai manfaat dan penggunaannya bagi kesehatan, banyak orang secara teratur mengonsumsi ACV sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

Namun demikian, ada beberapa hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan ketika mengonsumsi cuka sari apel ini. Sebab, mungkin akan timbul konsekuensi yang tidak diinginkan. Hal yang tidak boleh dilakukan saat mengonsumsi ACV yakni:

Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Shutterstock)

1. Langsung menyikat gigi setelah mengonsumsinya
Melakukan hal itu ternyata dapat merusak gigi karena enamel bisa aus dan kerusakan gigi serta gigi berlubang menjadi tidak terhindarkan. Beberapa ahli merekomendasikan untuk menyikat gigi setidaknya 30 menit setelah menggunakan ACV.

2. Minum ACV setelah makan
Para ahli merekomendasikan mengonsumsi cuka sari apel ini pada waktu perut kosong untuk memastikan manfaat maksimal. Selain itu, mengonsumsinya sebelum makan dapat membantu meningkatkan pencernaan.

3. Langsung tidur setelah minum ACV
Melakukannya bisa sangat berbahaya karena ACV dapat merambat kembali ke kerongkongan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Para ahli merekomendasikan duduk tegak selama sekitar 30 menit setelah minum ACV untuk mencegah refluks asam dan iritasi pada kerongkongan.

Cuka sari apel. (Pixabay)
Cuka sari apel. (Pixabay)

Beberapa orang berpikir bahwa cara terbaik untuk menuai manfaat terbaik dari cuka sari apel adalah dengan mengonsumsinya dalam dosis besar. Namun, ini sebenarnya sesuatu yang tidak boleh dilakukan, terutama di kalangan pemula untuk praktik ini.

Minum terlalu banyak cuka sari apel dapat menyebabkan sakit perut atau merasakan sensasi terbakar di tenggorokan.

Terkait

Terkini