Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 02 Juli 2020

Nyeri Testis hingga Telinga Berdenging, Ini 5 Gejala Aneh Corona Covid-19

Virus Corona Covid-19 bisa menyebabkan banyak gejala aneh, seperti nyeri testis hingga telinga berdenging.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi testis. (Pixabay)
Ilustrasi testis. (Pixabay)

Himedik.com - Gejala umum virus corona Covid-19 adalah batuk kering persisten, demam tinggi dan kesulitan bernapas. Tapi, beberapa pasien corona Covid-19 juga bisa mengalami gejala aneh lain.

Baru-baru ini ahli kesehatan memasukkan masalah kehilangan indera penciuman dan perasa sebagai gejala virus corona Covid-19.

Namun, masih ada gejala misterius lainnya yang perlu diwaspadai sebagai tanda infeksi virus corona Covid-19.

Dilansir oleh Mirror, berikut ini tanda-tanda infeksi virus corona Covid-19 yang kurang umum.

1. Nyeri testis

Gejala lain virus corona Covid-19 yang kurang umum adalah nyeri testis. Para peneliti dari Harvard Medical School mengajukan laporan kasus tentang seorang pria usia 42 tahun yang positif virus corona Covid-19

Setelah pergi ke rumah sakit, pria itu menglami rasa sakit dan nyeri yang luar bias apada testisnya. Hasil CT scan lantas menunjukkan adanya kerusakan paru-paru.

Selain itu, dokter juga menemukan kesalahan pada testisnya. Dua hari kemudian, pria itu didiagnosis menderita virus corona Covid-19.

Ilustrasi testis (shutterstock)
Ilustrasi testis (shutterstock)

2. Kehilangan nafsu makan

Orang dengan virus corona Covid-19 juga bisa mengalami kehilangan nafsu makan. Blogger Stephen Power, salah satu pasien corona Covid-19 yang kehilangan nafsu makannya.

Sebelumnya, ia mengalami demam tinggi, sakit kepala, batuk ringan dan sakit punggung selama 4 hari. Ia juga mengalami kelelahan dan kesulitan bergerak.

3. Sensasi berdenging

Sensasi berdenging juga salah satu gejala virus corona Covid-19 yang tersembunyi. Tetapi, kondisi ini belum masuk daftar resmi gejala virus corona Covid-19 yang perlu diwaspadai.

Dr Daniel Griffin, kepala penyakit menular di ProHealth Care Associates di AS menyatakan sensasi berdengung itu mungkin bagian dari respons autoimun terhadap sistem saraf pasien.

4. Kelelahan mental atau kabut otak

Beberapa pasien virus corona Covid-19 juga mengalami kelelahan mental atau kabut otak. Thea Jourdan, salah satu pasien corona Covid-19 yang mengalami kabut otak.

"Awalnya saya merasa lelah, seolah-olah saya tidak punya pilihan selain tidur. Saya tidak batuk dan tidak demam," kata Thea Jourdan.

Tetapi, Thea merasakan sensasi aneh di dalam paru-parunya, seperti menghirup bedak. Selain itu, ia juga kesulitan dalam mengingat sesuatu.

5. Menggigil

Tubuh menggigil juga salah satu gejala yang dikeluhkan pasien virus corona Covid-19. Berdasarkan penelitian terhadap 55 ribu kasus di China, sejak pertama virus ditemukan hingga 22 Febuari 2020, sebanyak 11,4 persen pasien corona Covid-19 mengeluhkan gejala menggigil.

Terkait

Terkini