Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 25 Mei 2020

Segar untuk Buka Puasa, Ini 5 Manfaat Blewah untuk Penyakit Kronis!

Blewah juga mengandung serat, potasium, vitamin C dan kolin yang baik untuk kesehatan jantung.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi blewah. (Shutterstock)
Ilustrasi blewah. (Shutterstock)

Himedik.com - Blewah adalah salah satu buah yang sering diolah sebagai minuman es ketika bulan puasa Ramadan. Selain menyegarkan, buah mirip melon ini juga mengandung beragam vitamin, mineral dan antioksidan.

Air antioksidan, vitamin dan mineral dalam blewah itulah yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Misalnya antioksidan, kandungan ini bisa membantu mencegah kerusakan sel yang menyebabkan kanker atau kondisi lainnya.

Adapun antioksidan yang terkandung dalam blewan, meliputi selenium, beta karoten, vitamin C, lutein, zeaxanthin dan kolin. Dilansir oleh Medical News Today, berikut ini manfaat kesehatan dari konsumsi blewah.

1. Asma

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak antioksidan beta karoten bisa membantu mencegah asma berkembang.

Para ahli merekomendasikan asupan beta karoten harian sebesar 18.000 mc g setiap hari untuk pria usia 14 tahun ke atas dan 14.000 mc g untuk wanita pada kelompok usia yang sama.

Ilustrasi asma (shutterstock)
Ilustrasi asma (shutterstock)

2. Tekanan darah

Blewah juga mengandung serat, potasium, vitamin C dan kolin yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi makanan kaya kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan rata-rata orang dewasa mengonsumsi 4.700 mg potasium sehari untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

3. Kanker

Beta karoten, tokoferol dan antioksidan dalam blewah juga membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Bukti lain juga menemukan kandungan dalam blewan tersebut bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat dan jenis kanker lainnya.

Ilustrasi blewah. (Shutterstock)
Ilustrasi blewah. (Shutterstock)

 

4. Pencernaan

Blewan memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan berserat. Serat dan air dalam blewan ini bisa membantu mencegah sembelit, meningkatkan keteraturan dan saluran pencernaan yang sehat.

5. Hidrasi

Kandungan air dan elektrolit yang tinggi dalam belwah bisa membantu meningkatkan hidrasi selama musim panas atau setelah berolahraga.

Adapun elektrolit dalam blewan, meliputi natrium, kalium, kalsium dan magnesium. Sebanyak 177 gram blewan sendiri mengandung 160 gram air.

Terkait

Terkini