Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 25 Mei 2020

Ratusan Kasus Corona Covid-19 di Korea Selatan Berasal dari Kelas Zumba!

Studi baru menunjukkan kelas tari intens seperti zumba dan olahraga tari lainnya cepat menyebarkan virus corona.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Zumba. (unsplash)
Zumba. (unsplash)

Himedik.com - Para peneliti dari Korea Selatan melaporkan Kklas kebugaran indoor dapat menjadi rute penyebaran virus corona Covid-19 secara cepat. Mereka menemukan bukti dari kelas tari yang membuat 112 orang terinfeksi Covid-19.

Infeksi ini sebenarnya bukan kasus baru, kelas diadakan pada Februari dan semua orang didiagnosis pada 9 Maret. Tetapi peneliti baru mengungkapkan wawasan tentang seberapa cepat virus corona dapat menyebar di ruangan tertutup.

Hampir 30 instruktur berpartisipasi dalam workshop tari ini, yang dibuka di Cheonan, Korea Selatan. Mereka berlatih secara intensif selama empat jam, dan sementara tidak ada gejala pada saat itu, 8 instruktur akhirnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Semua tidak menunjukkan gejala pada hari kelas dilakukan," tulis tim medis di Rumah Sakit Universitas Dankook dalam jurnal Emerging Infectious Disease.

Anak-anak zumba [shutterstock]
Anak-anak zumba [shutterstock]

"Pada 9 Maret kami mengidentifikasi 112 kasus Covid-19 yang berkaitan dengan kelas tari kebugaran di 12 fasilitas olahraga yang berbeda di Cheonan," catat mereka, dikutip CNN Internasional.

Setengah dari kasus adalah hasil dari transmisi langsung dari instruktur kepada siswa, dan beberapa orang terus menginfeksi yang lain di luar kelas.

"Para instruktur dan siswanya hanya bertemu selama kelas, yang berlangsung selama 50 menit dua kali per minggu, dan tidak memiliki kontak di luar kelas. Rata-rata, siswa mengalami gejala 3,5 hari setelah berpartisipasi dalam kelas tari kebugaran tersebut," lanjut mereka.

Kelas penuh sesak dan berkeringat

"Sebelum fasilitas olahraga ditutup, total 217 siswa terpapar di 12 fasilitas, tingkat serangan 26,3%," tambah mereka.

"Kelas kebugaran telah menjadi populer di Korea Selatan karena intensitas aerobik yang tinggi," tim merujuk pada kelas Zumba, kelas gaya dansa yang diiringi dengan musik penuh energi dan jarak yang padat.

Sejumlah faktor mungkin telah membuat virus lebih mudah menyebar, menurut peneliti.

Ratusan Kasus Corona Covid-19 di Korea Selatan Berasal dari Kelas Zumba! - 2
Ilustrasi latihan zumba (Shutterstock)

"Suasana lembap dan hangat di fasilitas olahraga ditambah dengan aliran udara turbulen yang dihasilkan oleh latihan fisik yang intens, dapat menyebabkan transmisi droplet mudah," tambah mereka.

Kelas yang berkaitan dengan transmisi memiliki lima hingga 22 siswa dan berlangsung di ruang kecil selama hampir satu jam. Tidak ada kasus terlihat di kelas dengan kurang dari lima peserta.

Namun, ada instruktur yang megajar pilates dan yoga tidak terinfeksi Covid-19, muridnya pun demikian.

"Kami berhipotesis bahwa intensitas Pilates dan yoga yang lebih rendah tidak menyebabkan efek penularan yang sama dengan kelas-kelas tari kebugaran yang lebih intens," kata para peneliti.

Terkait

Terkini