Info

5 Hal yang Harus Diubah saat Rayakan Lebaran di Tengah Pandemi Corona

Di tengah pandemi mau tidak mau Anda harus mengubah beberapa kebiasaan saat Lebaran.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi lebaran/silaturahmi. (Shutterstock)
Ilustrasi lebaran/silaturahmi. (Shutterstock)

Himedik.com - Meski Lebaran tahun 2020 menjadi berbeda karena pandemi Covid-19, tetapi masih banyak cara aman yang bisa dilakukan untuk tetap merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Dilansir dari Gulf News, berikut beberapa perubahan yang harus dilakukan untuk rayakan Lebaran saat pandemi.

1. Salat Idul Fitri

Biasanya umat Islam  bangun lebih pagi dan mandi. Kemudian berpakaian pantas dan pergi ke masjid untuk salat Idul Fitri.

Tahun ini, karena Covid-19 umat Islam telah diimbau untuk salat Idul Fitri di rumah. Majelis Ulama Indonesia atau MUI tidak melarang sholat Idul Fitri berjamaah di masjid dan lapangan. Hanya mengimbau tidak salat berjamaah di masjid dan lapangan.

2. Kumpul Keluarga dan Mudik

Idul Fitri khas dengan kumpul keluarga besar untuk makan bersama dan  mengobrol.

Sekarang, pemerintah telah memperingatkan perayaan Idul Fitri untuk tidak menimbulkan kerumunan orang dalam jumlah banyak. Bahkan mudik untuk bertemu keluarga juga dilarang.

3. Silaturahmi

Jika bersilaturahmi saat lebaran melibatkan datang dari rumah ke rumah. Maka saat pandemi Anda perlu mengubahnya dengan bersilaturahmi secara virtual.

Bersilaturahmi dengan cara video call, panggilan suara, atau berbagi pesan teks menjadi cara yang lebih aman.

Ilustrasi lebaran/silaturahmi. (Shutterstock)
Ilustrasi lebaran/silaturahmi. (Shutterstock)

4. Uang untuk Saudara

Memberi uang kepada saudara saat Idul Fitri memang sudah membudaya. Setiap tahun anggota keluarga yang lebih tua memberikan anggota yang lebih muda dalam bentuk uang tunai.

Saat pandemi, mungkin Anda perlu menahan diri untuk memberikan uang secara tunai. Sebab uang tunai dapat menularkan virus.

5. Beramal

Saat sholat Idul Fitri tidak akan dilakukan di masjid dan uang tunai tidak boleh dibagikan, amal akan terlihat sedikit berbeda tahun ini.

Bahkan jika Anda menemukan seseorang di jalan yang ingin Anda bantu dengan uang tunai, tolong jangan berikan mereka uang tunai, karena mungkin menyebarkan virus.

Anda dapat berkontribusi secara virtual ke banyak badan amal yang tersedia secara online.

Berita Terkait

Berita Terkini