Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 06 Juli 2020

Hindari Covid-19, Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Memilih Masker

Pastikan Anda dapat bernapas dengan nyaman saat mengenakan masker sehingga tidak perlu sering melepasnya.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Pandemi corona Covid-19 masih menjadi momok meresahkan bagi masyarakat global. Untuk upaya pencegahan, maka masyarakat perlu mematuhi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dan memakai masker.

Dirangkum dari Medical Daily, berikut 5 pertimbangan memilih masker yang tepat di tengah pandemi corona Covid-19.

1. Kain
Saat memilih masker wajah, pastikan setidaknya ada dua lapis kain katun yang dirajut dengan erat. Selain itu, perhatikan jumlah benang yang tinggi karena berfungsi sebagai filter yang memblokir tetesan pernapasan sambil tetap memungkinkan Anda bernapas dengan nyaman.

2. Filter
Beberapa masker wajah memiliki ruang untuk memasukkan filter untuk perlindungan tambahan. Secara online, ada banyak pilihan filter buatan sendiri yang tersedia, mulai dari guntingan yang terbuat dari tas bahan kain non-woven polypropylene nonwoven yang dapat digunakan kembali hingga yang terbuat dari kain nilon dari pantyhose, denim dan handuk dapur.

Namun selalu pertimbangkan keamanan dan kegunaan sebelum menambahkan filter. Filter tidak hanya harus cukup padat untuk memblokir partikel kecil dan lembap, tetapi juga memungkinkan Anda untuk bernapas dengan nyaman.

Ilustrasi mencuci masker kain. (Shutterstock)
Ilustrasi masker kain. (Shutterstock)

3. Pas di wajah
Pastikan Anda dapat bernapas dengan nyaman saat mengenakan masker sehingga tidak perlu sering melepasnya untuk menarik napas saat berada di ruang publik.

Masker wajah harus memiliki penutup yang pas dari hidung hingga ke bawah dagu dan ke belakang ke arah telinga Anda. Jika dirasa kaku, lebih baik hentikan penggunaannya.

4. Mudah digunakan
Masker wajah harus mudah digunakan. Pastikan Anda dapat melepas ikatan masker tanpa terkontaminasi dengan menyentuh bagian depan topeng. Hindari penggunaan syal panjang sebagai masker karena sulit untuk dipakai dan dilepas.

Ilustrasi sarung tangan dan masker medis. (Pixabay/leo2014)
Ilustrasi sarung tangan dan masker medis. (Pixabay/leo2014)

5. Daya tahan
Saat memilih masker, pastikan pilih yang tidak mudah berubah bentuk. Jika Anda menambahkan filter, membersihkan masker Anda akan tergantung pada filter yang Anda gunakan. Kain masker juga harus dicuci terlebih dahulu agar Anda tahu apakah bentuknya menyusut atau tidak.

Terkait

Terkini