Info

Mencuci Tangan Minimal 6 Kali Turunkan Risiko Terinfeksi Virus Corona

Mencuci tangan harus dilakukan secara rutin agar terhindar dari penularan virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

mencuci tangan (pinterest)
mencuci tangan (pinterest)

Himedik.com - Sejak awal pakar mengatakan mencuci tangan dapat mencegah kita tertular virus corona. Pernyataan ini juga didukung oleh studi terbaru yang dilakukan di Inggris.

Berdasarkan sebuah penelitian oleh tim Inggris menunjukkan, mencuci tangan setidaknya enam hingga 10 kali sehari dapat mengurangi risiko infeksi, termasuk virus corona.

Peneliti melihat data pada 2006 hingga 2009, terhadap virus yang secara struktural sangat mirip dengan strain SARS-CoV-2 ini.

Virus corona merupakan keluarga virus yang paling sering menyebabkan penyakit ringan, seperti flu biasa. Dan semuanya, termasuk pandemi Covid-19 yang saat ini tengah terjadi, dapat dibunuh menggunakan air serta sabun.

Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)
Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)

Dilansir dari BBC, setiap musim dingin, Medical Research Council melakukan survey kepada warga di Inggris apakah mereka memiliki gejala sakit pernapasan seperti flu dan menguji mereka yang terkena infeksi virus corona penyebab flu biasa.

Penelitian yang dipublikasikan di Wellcome Open Research dan sedang menunggu peer-review ini menemukan 1.663 peserta jauh lebih kecil kemungkinannya terinfeksi apabila mereka mencuci tangan setidaknya enam kali sehari.

Namun, mencuci tangan lebih dari 10 kali tampaknya tidak mengurangi risiko infeksi lebih lanjut.

"Kebersihan tangan yang baik harus dilakukan setiap saat, terlepas dari apakah Anda menunjukkan gejala atau tidak," jelas penulis studi Dr. Sarah Beale, dari University College London.

Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)
Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)

"Ini akan membantu melindungi dirimu dan mencegah, tanpa disadari, menyebarkan vius ke orang lain di sekitarmu."

Di sisi lain, pakar dari Kesehatan Masyarakat Inggris juga mengatakan mencuci tangan selama 20 detik adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan penyebaran virus corona.

"Terutama setelah Anda bersin atau batuk, serta sebelum makan atau memasak. Juga, itu ide bagus untuk membiasakan diri setelah Anda keluar di tempat umum atau di transportasi umum," tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini