Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 06 Juli 2020

Cegah Berat Badan Naik Usai Lebaran, Lakukan 4 Langkah Ini Setiap Hari!

Banyak orang mungkin akan mengalami kenaikan berat badan drastis selama libur Lebaran karena asupan makanan yang tak terkontrol.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi berat badan. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Banyak orang mengalami penurunan berat badan selama puasa Ramadan, karena perubahan pola makan serta rutinitasnya. Terlebih, sekarang ini banyak orang menghabiskan waktu di rumah akibat virus corona Covid-19.

Tapi setelah Ramadan usai, banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan selama liburan Hari Raya Idul Fitri. Kebanyakan orang menjadi sulit mengontrol hasratnya mengonsumsi berbagai jenis makanan saat lebaran.

Pada akhirnya, seseorang akan merasa menyesal ketika berat badannya naik drastis setelah Idul Fitri. Tetapi dilansir dari Arabiaweddings.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran.

1. Jangan lupa sarapan sehat

Banyak orang membuat kesalahan besar pada sarapan pertamanya setelah Ramadan. Kebanyakan orang mengonsumsi makanan berlemak dan tidak sehat saat sarapan.

Padahal sarapan berlemak setelah bulan Ramadan bisa membuat perut kembung dan penuh. Karena itu, usahakan mengonsumsi makanan sehat saat sarapan.

Hidangan ketupat di Hari Raya Idul Fitri (Shutterstock)
Hidangan ketupat di Hari Raya Idul Fitri (Shutterstock)

2. Makan siang dan malam

Makan siang dan makan malam yang mendekati waktu buka puasa lebih baik untuk sistem pencernaan Anda. Usahakan hindari makan malam yang tidak sehat dan terlalu larut, karena bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Pastikan pula Anda fokus mengonsumsi makanan banyak buah dan sayuran serta minum banyak air putih.

3. Batasi makanan manis dan kacang

Hari Raya Idul Fitri identik dengan makanan manis, seperti permen, cokelat dan ada pula kacang asing. Anda boleh saja mengonsumsi makanan manis saat Idul Fitri.

Tetapi, pastikan Anda tidak berlebih dalam mengonsumsinya. Batasi asupan makanan manis dan kacang untuk menjaga berat badan.

4. Olahraga

Selama libur lebaran, cobalah olahraga di pagi hari untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar. Bila Anda tidak bisa melakukannya di pagi hari, cobalah olahraga selama 10 menit sebelum tidur.

Terkait

Terkini