Info

Mudah Dilakukan, Begini 3 Cara Sehat Memanaskan Makanan Sisa Lebaran

Lebaran sering kali menyisakan banyak makanan sisa yang sayang untuk dibuang.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Nikmatnya sup kacang merah buntut sapi. (selera.com)
Nikmatnya sup kacang merah buntut sapi. (selera.com)

Himedik.com - Makanan sisa Lebaran yang melimpah sering kali tidak habis dalam waktu sehari, sehingga perlu dipanaskan untuk memakannya kembali. Tetapi menyimpan dan memanaskan makanan juga dianggap kurang sehat.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut adalah beberapa trik agar makanan sisa Lebaran yang dipanaskan tetap sehat.

1. Diamkan makanan sisa yang disimpan di dalam freezer

Jika sebelumnya Anda menyimpan makanan sisa di freezer, maka diamkan dulu makanan tersebut agar suhunya tidak terlalu dingin. Sebab, Anda tidak bisa memanaskannya langsung makanan sisa yang masih beku.

Perlu diingat untuk tidak mengguyurkan air panas ke makanan sisa yang membeku. Sebab mengguyurkan air malah berpotensi memudahkan bakteri berkembang biak lebih cepat di makanan Anda.

Jika ingin lebih cepat, coba letakkan makanan sisa ke dalam wadah. Lalu masukkan wadah tersebut ke dalam baskom berisi air dingin dan diamkan sejenak hingga tidak terlalu panas.

Ilustrasi menyimpan makanan sisa. (Shutterstock)
Ilustrasi menyimpan makanan sisa. (Shutterstock)

2. Gunakan alat yang tepat

Gunakan alat yang lebih cepat memanaskan makanan, misalnya gunakan microwave atau panci panas. Pada dasarnya Anda bisa menggunakan metode apapun, asal suhunya panas sehingga tidak memakan waktu lama untuk memanaskan makanan.

Memanaskan makanan terlalu lama tentu bisa merusak makanan.

Mudah Dilakukan, Begini 3 Cara Sehat Memanaskan Makanan Sisa Lebaran - 2

3. Jangan langsung makan makanan yang baru dipanaskan

Jika Anda menggunakan microwave untuk memanaskan makanan, sebaiknya hindari untuk memakannya langsung setelah dikeluarkan dari microwave. Akan lebih baik jika Anda bersabar menunggu kurang lebih tiga menit setelah dikeluarkan.

Cobalah untuk menunggu beberapa menit setelah makanan dipanaskan. Jika menggunakan microwave, makanan akan masak dan matang meski makanan sudah dikeluarkan.

Berita Terkini