Info

Perubahan Warna Jari Bisa Jadi Tanda Virus Corona Covid-19, Ini Kata Ahli!

Ahli menemukan bahwa virus corona Covid-19 bisa menyebabkan perubahan warna jari kaki pada beberapa orang.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi jari tangan (Unplash/NeONBRAND)
Ilustrasi jari tangan (Unplash/NeONBRAND)

Himedik.com - Umumnya, gejala virus corona Covid-19 adalah batuk persisten, demam tinggi dan sesak napas. Tetapi, gejala virus corona Covid-19 setiap orang bisa berbeda tergantung kondisinya.

Saat ini wabah virus corona Covid-19 diketahui telah menginfeksi lebih dari 5 juta orang di dunia. Para ahli pun terus menemukan gejala-gejala aneh dari virus mematikan tersebut.

Orang yang tergolong berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 mungkin akan mengalami tanda-tanda berupa jari-jari yang berubah warna.

Beberapa pasien virus corona Covid-19 melaporkan bahwa mereka mengalami perubahan warna ekstrem pada jari-jarinya.

Jari-jari mereka berubah warna menjadi merah atau ungu gelap ketika terinfeksi virus corona Covid-19. Namun, perubahan ini lebih cenderung terjadi pada jari kaki daripada jari tangan.

Ilustrasi jari. (Pixabay)
Ilustrasi jari. (Pixabay)

Bila Anda mengalami perubahan warna jari-jari tanpa alasan jelas, Anda harus segera mengonsultasikannya pada dokter. Karena, perubahan warna itu bisa berkaitan dengan virus corona Covid-19.

"Virus corona Covid-19 memengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Kebanyakan orang yang terinfeksi akan mengembangkan penyakit ringan sampai sedang dan sembuh tanpa perawatan medis," kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dikutip dari Express.

WHO juga mengatakan gejala virus corona Covid-19 yang tidak umum meliputi sakit kepala, kehilangan rasa atau bau, ruam pada kulit atau perubahan warna jari tangan dan kaki.

Perubahan warna pada jari-jari tangan dan kaki lebih mungkin disebabkan oleh virus corona Covid-19, bila disertai gejala umum lainnya.

Bila Anda mengalami perubahan warna jari tangan dan kaki disertai gejala mirip virus corona Covid-19 lainnya, lebih baik mengisolasi mandiri di rumah sampai gejala mereda.

Berita Terkait

Berita Terkini