Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 06 Juli 2020

Turunkan Risiko Infeksi Virus Corona Covid-19, Jaga Kesehatan Usus!

Kesehatan usus adalah salah satu yang memengaruhi risiko seseorang rentan terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)

Himedik.com - Beberapa faktor memengaruhi seseorang berisiko terinfeksi dan berada dalam kondisi parah akibat virus corona Covid-19, salah satunya riwayat penyakit kronis.

Tetapi, para ilmuwan menemukan bahwa masalah perut juga bisa memengaruhi risiko infeksi dan tingkat keparahan seseorang dengan virus corona Covid-19.

Para ilmuwan percaya bahwa kesehatan usus menjadi garis pertahanan utama. Jumlah probiotik yang unggul dan banyak bisa merangsang bakteri baik dalam usus untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Louise Westra, seorang naturopath mengatakan menjaga kesehatan usus salah satu solusi terbaik dalam melindungi diri dari virus corona Covid-19. Langkah ini juga cara terbaik dalam menjaga kesehatan.

"Sekitar 70 hingga 80 persen dari sistem kekebalan tubuh kita berasal dari usus. Jadi, menjaga kesehatan usus yang baik adalah hal mendasar untuk menjaga kekebalan tubuh. Tapi, kita tidak mengatakan probiotik bisa mengurangi risiko virus corona Covid-19," kata Louise dikutip dari Mirror.

Ilustrasi usus (shutterstock)
Ilustrasi usus (shutterstock)

Louise mengaku biasanya menggunakan probiotik untuk membantu orang dengan penyakit usus, seperti Crohn dan IBS. Karena terbukti bakteri baik dalam usus bisa membantu meringankan penyakitnya.

"Tapi, pertama-tama saya selalu membuat profil mikrobioma pasien, yakni flora usus alami. Kemudian, kami memberikan rezim probiotik khusus," katanya.

Minum probiotik tanpa profil usus memang tidak membahayakan tubuh. Tetapi, langkah ini mungkin tidak akan bermanfaat.

Louise mengatakan minum probiotik tanpa pengujian hanya hal yang sia-sia. Karena, Anda tidak mengetahui tingkat bakteri apa yang ada di dalam usus dan tidak tahu probiotik yang tepat untuk dikonsumsi.

Pada awal Mei 2020 ini, lebih dari 120 ilmuwan Inggris menulis surat kepada Sekretasi Kesehatan Matt Hancock untuk menyerukan penyelidikan hubungan antara virus corona Covid-19 dengan diet yang buruk.

Sebuah penelitian menunjukkan orang dengan kesehatan usus buruk berada pada risiko yang lebih tinggi terinfeksi virus corona Covid-19.

Ada beberapa solusi yang sudah dicoba dan diuji untuk membantu meningkatkan kesehatan usus. Louise sendiri menyarankan orang mengonsumsi seng yang telah terbukti meningkatkan kesehatan pernapasan bagian atas dan memperlambat virus berkembang.

Ilustrasi usus, organ dalam tubuh (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus, organ dalam tubuh (Pixabay/Elionas2)

Selain seng, konsumsi vitamin D juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus. Anda juga perlu mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

"Saat kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik, kita tidak menyadari tubuh diri sendiri memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang aktif atau terlalu aktif. Kita berisiko lebih besar mengalami keluhan terkait masalah kesehatan lainnya," jelas Kirsten Oddy, ahli terapi nutrisi.

Menurut Kirsten, satu hal yang diperlukan dalam menjaga kesehatan usus adalah mengonsumsi makanan seimbang.

Studi telah menunjukkan bahwa makanan tertentu bisa mengurangi risiko dan durasi infeksi saluran pernapasan atas serta berpotensi mengelola gejala corona Covid-19.

Tapi, Anda juga perlu memastikan konsumsi makanan seimbang dari buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan karbohidrat tanpa lemak.

Terkait

Terkini