cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Perhatikan, Batuk akibat Covid-19 Terjadi Selama 24 Jam dan Terus Memburuk

Ahli menjelaskan bahwa batuk akibat Covid-19 biasanya berlangsung 24 jam atau lebih dan terus memburuk seiring berjalannya waktu.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pria batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi pria batuk. (Shutterstock)

Himedik.com - Batuk dan demam tinggi adalah gejala virus corona Covid-19 yang mirip dengan flu musiman. Sehingga banyak orang sulit mengira dirinya terinfeksi Covid-19 atau menderita flu biasa.

Badan kesehatan Inggris pun telah melakukan kampanye kesehatan masyarakat terkait gejala virus corona Covid-19 yang membingungkan ini.

Banyak orang berpendapat bahwa gejala infeksi virus corona CCovid-19 terlalu samar, sehingga membuat orang mengabaikan tanda peringatan atau salah mengira sebagai penyakit lain.

Terlebih, orang-orang bisa mengalami gejala infeksi virus corona Covid-19 yang berlebihan dan terlalu ringan. Sehingga penting untuk menguraikan gejala virus corona Covid-19 satu per satu.

Salah satunya, batuk yang merupakan bentuk gejala infeksi virus corona Covid-19. Ada karakteristik khusus yang membuat batuk akibat Covid-19 berbeda dengan batuk biasa.

Lewat Batuk Hingga Makanan Tercemar, Begini Cara Virus Corona Menular. (Shutterstock)
Ilustrasi batuk. (Shutterstock)

Menurut NHS dikutip dari Express, batuk akibat virus corona Covid-19 bisa terjadi selama lebih dari 1 hingga 3 jam atau lebih. Bahkan batuk akibat Covid-19 biasanya terjadi selama 24 jam lebih lebih buruk seiring waktu.

"Dalam beberapa hari, saya mengalami gejala batuk berdahak dan keluar darah yang memburuk dengan cepat," kata Richard Jones, seorang pasien corona Covid-19.

Gejala lain yang perlu diklarifikasi adalah kehilangan atau perubahan indera penciuman dan rasa.

Artinya, And atidak bisa mencium atau merasa apapun. Anda juga bisa mencium bau dan merasakan hal-hal yang berbeda dari biasanya.

Tanda peringatan utama lainnya adalah suhu tubuh tinggi, yang ditandai rasa panas ketika menyentuh dada atau punggung tanpa perlu mengukur suhu.

Bila Anda mengalami salah satu gejala di atas yang mengarah pada corona Covid-19, segera hubungi petugas medis dan mengisolasi diri.

Terkait

Terkini