Info

Awas, 5 Kebiasaan Mandi Ini Bisa Buat Masalah untuk Kulit!

Beberapa kebiasaan mandi ternyata disebut salah dan bisa berisiko pada kesehatan kulit.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

ilustrasi mandi keramas (unsplash.com)
ilustrasi mandi keramas (unsplash.com)

Himedik.com - Mandi memang menyehatkan, namun kebiasaan tertentu malah berisiko pada kesehatan kulit. Hal tersebut dinyatakan oleh dr. Patricia Farris, dokter kulit asal Tulane University.

Dilansir dari Hello Sehat, dr. Patricia Farris mengatakan bahwa kebiasaan mandi yang salah bisa membuat kulit menjadi kering dan gatal, bahkan bisa memicu eksim. Apa saja kebiasaan itu?

1. Menggosok kulit kepala dengan kuku jari

Menggosok kulit kepala dengan kuku memang biasa dilakukan saat keramas agar shampo lebih banyak berbusa. Padahal ritual mandi yang satu ini ternyata bisa menyebabkan pengelupasan dan melukai kulit kepala. 

2. Mandi dengan air panas atau terlalu lama

Dilansir dari Reader’s Digest, mandi dengan air panas bisa membuat kulit Anda kering. Suhu air yang terlalu panas bisa melebarkan pori-pori dan mengikis minyak alami dalam kulit. Hal ini yang disebut bisa mengurangi kelembapan kulit. 

Selain mandi air panas, mandi terlalu lama juga memiliki efek samping yang sama pada kulit. Saat kulit terlalu lama terkena air saat mandi, air akan membilas kadar minyak dan mengikis kelembapan alami kulit. Untuk menjaga kulit, biasakan mandi maksimal 5 sampai 10 menit saja.

3. Menggosok tubuh terlalu keras

Menggosok kulit terlalu keras baik menggunakan telapak tangan maupun spons bisa menghilangkan pelindung alami kulit. Jika Anda ingin menggunakan spons, pastikan untuk tidak meletakkannya di kamar mandi dan gantilah dengan rutin.

Spons mandi bisa dipenuhi dengan bakteri yang akan membuat kulit lebih cepat mengelupas dan dipenuhi bakteri. 

Ilustrasi mandi. (Pixabay)
Ilustrasi mandi. (Pixabay)

4. Tidak membilas tubuh dengan baik

Saat Anda tidak membilas tubuh dengan baik, sisa sabun atau shampo bisa tertinggal di kulit. Hal tersebut bisa menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori yang memicu jerawat. 

5. Tidak langsung pakai pelembap

Selesai mandi, jangan terlalu lama membiarkan kulit kering tanpa memberikan pelembap. Terlalu lama tidak memakai losion atau pelembap akan membuat kulit sulit menyerapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini