Info

Mulai Bekerja di Kantor Lagi? Begini Cara Aman Lindungi Diri dari Covid-19

Saat sudah kembali ke kantor, Anda harus tetap harus berupaya melindungi diri dari virus corona Covid-19

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi bekerja di depan komputer - (Pixabay/StartupStockPhotos)
Ilustrasi bekerja di depan komputer - (Pixabay/StartupStockPhotos)

Himedik.com - Beberapa negara sudah mulai membuka kembali lagi lockdown walau masih di tengah pandemi Covid-19. Orang-orang juga mulai membuka bisnis mereka yang mengharuskan karyawan juga harus kembali bekerja di kantor.

Pada 27 Mei, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menerbitkan pedoman bagi pengusaha tentang bagaimana orang dapat bekerja kembali di kantor secara aman.

Kembali ke tempat kerja bukanlah situasi tanpa risiko. Karyawan harus tetap mempraktikan perlindungan diri, seperti sering mencuci tangan dan menjaga jarak fisik dengan masing-masing rekan kerja.

Dilansir CNBC, berikut cara aman untuk kembali ke kantor menurut ahli:

1. Adanya tempat cuci tangan di depan lift

"Harus ada tempat pembersih tangan di pintu masuk dan keluar lift," kata Dr. Jay Varkey, profesor kedokteran di Sekolah Kedokteran Universitas Emory dan ahli epidemiologi rumah sakit di Rumah Sakit Universitas Emory.

Pedoman CDC untuk pembukaan kembali mengatakan persediaan seperti sabun, pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol, tisu, handuk kertas dan tempat sampah tanpa sentuhan harus sudah tersedia.

Protokol Kesehatan di Kantor saat Karyawan Kembali Kerja. (Shutterstock)
Protokol Kesehatan di Kantor saat Karyawan Kembali Kerja. (Shutterstock)

2. Mengikuti langkah keamanan

"Belajar banyak dari bidang-bidang di mana orang terus bekerja," tutur Varkey.

Misalnya saja rumah sakit, meski rumah sakit memiliki ruang sempit dan ruang kerja umum, banyak petugas kesehatan dapat menghindari penyakit dengan rajin mengikuti langkah-langkah keamanan.

3. Menambahkan bilik atau penghalang antar pekerja

Menambahkan bilik dan penghalang fisik sapat mendorong jarak yang lebih jauh antar pekerja, langkah ini juga menurunkan risiko penularan virus corona.

"Jika Anda menghabiskan hari di depan komputer di sebuah bilik, lebih dari enam kaki dari orang lain, tidak terlibat dalam percapakan langsung, risiko Anda sangat rendah," jelas Iahn Gonsenhauser, kepala kualitas dan petugas keselamatan pasien di The Ohio State University Wexner Medical Center.

4. Tetap menjaga kebersihan pada barang-barang kantor

"Diharapkan pekerja akan menjaga permukaan yang sering disentuh (gagang pintu, laptop, permukaan meja) tetap bersih," ujar Varkey.

Seperti tangan yang dibersihkan dengan alkohol, permukaan benda-benda ini juga harus didisinfeksi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Berita Terkait

Berita Terkini