Info

Segera Pakai, Efektivitas Tetes Air Mata Makin Berkurang Usai Segel Dibuka

Bahan di dalam obat tetes mata memengaruhi masa efektivitasnya.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Tetes mata (Freepik/yupachingping)
Tetes mata (Freepik/yupachingping)

Himedik.com - Seperti obat oral, obat tetes mata juga memiliki masa kedaluwarsa. Umumnya, tanggal kedaluwarsa yang terdapat dalam botol tertera waktu satu hingga dua tahun setelah tanggal pembuatan.

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengatakan ketentuan ini dapat berubah-ubah. Hal yang memengaruhi tanggal kedaluwarsa adalah bahan obat tetes mata tersebut.

Seiring waktu, bahan kimia di dalam obat tetes mata daoat terdegradasi dan berubah menjadi senyawa berpotensi bahaya. Selain itu, banyak tetes mata yang mengandung pengawet untuk membantu produk bertahan lebih lama dan mencegah kontaminasi kuman.

Umumnya aman dan efektif untuk menggunakan tetes mata sampai tanggal kedaluwarsa. Namun, American Academy of Opthalmology (AAO) mengatakan apabila Anda sudah membuka produknya, tetes mata mungkin memiliki umur simpan yang jauh lebih pendek.

Ilustrasi obat tetes mata (Shutterstock)

Itulah sebabnya mereka menganjurkan untuk tidak memakainya setelah tiga bulan dari tanggal pembukaan, bahkan ketika produk tersebut belum kedaluwarsa.

Sebab, setelah tutup botol dibuka, cairan yang terpapar oksigen dapat mempercepat degradasi bahan kimia dan menyebabkan efektivitas melemah.

Sedangkan dilansir dari Insider, obat tetes tanpa pengawet, yang biasanya dibungkus dengan botol sekali pakai, harus dibuang 24 jam setelah dibuka.

Apakah aman menggunakan tetes mata kedaluwarsa?

Tanggal kedaluwarsa menunjukkan tetes mata tidak lagi dijamin efektif atau steril, kata Vivian Shibayama, OD, ahli perawatan mata dan penglihatan di UCLA Health.

"Saya tidak akan menggunakan obat kedaluwarsa yang terbuka atau yang belum dibuka," kata Shibayama.

Kerusakan kimiawi dari bahan-bahan lain juga bisa mengiritasi mata. Hal itu antara lain ditandai dengan mata merah dan penglihatan kabur.

Hindari menyimpan obat tetes mata di mobil, saku, atau di bawah sinar matahari langsung. Sebab, cahaya dan panas yang tinggi dapat menurunkan senyawa kimia dalam obat.

Cara yang baik untuk mengetahui apakah tetes mata tidak lagi baik adalah jika mereka sudah terlihat keruh atau berubah warna.

Berita Terkait

Berita Terkini