Info

Studi: Pelanggar Pedoman Kesehatan Pandemi Cenderung Bersifat Psikopati

Sebuah studi baru menyatakan, bahwa orang yang tidak mau mengikuti pedoman kebersihan selama pandemi mungkin memiliki sifat psikopati.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Orang yang melanggar jarak sosial hingga tidak melakukan pedoman kesehatan selama pandemi virus corona disebut cenderung memiliki sikap psikopati. Hal tersebut dilaporkan dalam studi pra-cetak peer-review yang akan diterbitkan dalam the journal Social Psychology and Personality Science.

Dilansir dari Insider, studi ini meneliti sekitar 502 orang untuk menjawab pertanyaan tentang seberapa sering mereka mengikuti pedoman kesehatan pandemi virus corona.

Pertanyaan survei termasuk apakah mereka berencana untuk mengikuti pedoman yang akan datang dan apa yang akan mereka lakukan jika mereka didiagnosis dengan Covid-19.

Para peneliti juga mengajukan pertanyaan terkait kepribadian untuk mengukur hati nurani, kerja sama, neuroticism, kecenderungan untuk mengambil risiko, kekejaman, dan kurangnya pengekangan.

Jika peserta menjawab pertanyaan dengan menunjukkan bahwa mereka menunjukkan rendahnya tingkat neurotisme, kecenderungan untuk mengambil risiko, kekejaman, dan kurangnya pengendalian diri, mereka lebih cenderung mengikuti pedoman jarak sosial.

Tetapi jika mereka mendapat nilai tinggi dalam sifat-sifat ini, mereka cenderung tidak mengikuti pedoman. Penulis studi tersebut, Pavel Blagov mengatakan sifat-sifat ini juga merupakan sifat umum para psikopati.

"Saya tahu bahwa sifat-sifat dari apa yang disebut Triad Kegelapan (narsisme, Machiavellianisme, dan psikopati), terkait dengan perilaku berisiko kesehatan dan masalah kesehatan,  saya kira mereka terlibat dalam perilaku kesehatan selama pandemi," kata Blagov.

Penelitiannya memang menunjukkan korelasi kecil antara sifat-sifat psikopat dan mengabaikan kebijakan kesehatan masyarakat selama pandemi . Nanum, kebanyakan orang-orang dalam surveinya mengaku mengabaikan pedoman kesehatan melakukannya pelanggaran dengan sengaja.

Blagov mengatakan mayoritas peserta survei mengatakan mereka mengikuti pedoman kesehatan pandemi. Tetapi tak jarang dari mereka juga tidak mengikuti pedoman dan menyarankan untuk melakukan pelanggaran secara sengaja.

"Salah satu implikasi potensial dari penelitian ini adalah bahwa mungkin ada minoritas orang dengan gaya kepribadian tertentu (pada spektrum narsisme dan psikopati) yang memiliki dampak yang tidak proporsional pada pandemi dengan gagal melindungi diri sendiri dan orang lain," kata Blagov.

Senang minum kopi hitam disebut studi ada kaitannya dengan sifat psikopat? (Shutterstock)
Senang minum kopi hitam disebut studi ada kaitannya dengan sifat psikopat? (Shutterstock)

"Tentu saja, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan," kata Blagov.

Sampel penelitian hanya berisi orang dewasa AS, sehingga temuan ini tidak mewakili kepercayaan seluruh populasi dan psikologi yang mendasari tentang praktik keselamatan pandemi secara global.

Selain itu, Blagov mengatakan studinya hanya menunjukkan korelasi kecil antara sifat-sifat kepribadian dan perilaku terkait pandemi. Ia juga menegaskan, orang-orang yang tidak memiliki kepribadian psikopati juga kemungkinan mengabaikan pedoman kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini