Info

Menghindari Perut Buncit? Intip Cara Sederhana Hilangkan Lemak Perut Ini

Selain buncit, terlalu banyak lemak perut juga dapat menyebabka masalah kesehatan lain.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi perut buncit - (Pixabay/jarmoluk)
ilustrasi perut buncit - (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Selain membuat tidak percaya diri, perut buncit diketahui tidak baik bagi kesehatan. Sebab, terlalu banyak menimbun lemak perut dapat menyebabkan kondisi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan bahkan demensia.

Untuk menurunkan berat badan atau meratakan perut buncit, Anda bisa menerapkan gaya hidup sederhana ini, dirangkum dari Medical Daily.

1. Potong asupan karbohidrat
Ketika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, sangat penting untuk menghilangkan karbohidrat, khususnya gula dan pati, dari diet Anda. Karbohidrat berlebih dari gula dan pati menyebabkan lebih banyak insulin penyimpan lemak diproduksi, dan terlalu banyak insulin berbahaya bagi kesehatan Anda.

2. Makan sayuran, protein, dan lemak sehat
Tidak semua sumber karbohidrat buruk bagi kesehatan Anda. Tentu, ada pasta, nasi, roti dan sumber karbohidrat sederhana lainnya, tetapi ada juga yang bisa ditemukan dalam sayuran.

Sumber karbohidrat berbasis sayuran dapat menyediakan kisaran 20 hingga 50 gram yang direkomendasikan setiap hari. Anda dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat harian Anda melalui sayuran seperti kembang kol, brokoli, kol, dan sayuran silangan lainnya, serta ubi.

Menghindari Perut Buncit? Intip Cara Sederhana Hilangkan Lemak Perut Ini - 1

Makronutrien penting yang membantu dalam membangun massa otot, protein ditemukan terutama di sumber makanan hewani seperti kalkun, ayam, daging sapi, telur dan ikan yang kaya Omega-3.

Makanan sehari-hari yang berputar di sekitar sayuran, protein, dan lemak sehat membantu meningkatkan metabolisme Anda. Lemak sehat juga tidak meningkatkan risiko penyakit jantung

3. Olahraga
Walaupun menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa olahraga, selalu disarankan untuk membuat diri Anda aktif untuk hasil yang lebih baik. Salah satu cara untuk mempercepat tujuan penurunan berat badan adalah dengan melakukan pemanasan, peregangan dan mengangkat beban setidaknya 3 kali seminggu. Ketika dilakukan dengan benar, angkat besi memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan massa otot.

Olahraga yang Cocok Saat #DirumahAja
Olahraga yang Cocok Saat #DirumahAja

4. Minum banyak air
Tubuh Anda membutuhkan hidrasi yang tepat untuk memastikan bahwa semua proses metabolisme bekerja sebagaimana mestinya. Air dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, membantu mengurangi keinginan ngemil makanan ringan asin atau gula.

5. Tidur dengan benar
Tidur selama 8 hingga 10 jam dapat menyebabkan tubuh Anda mempercepat perbaikan sel. Tidur nyenyak sangat penting jika Anda merasa lelah dengan latihan rutin karena membantu menyembuhkan jaringan yang robek akibat berolahraga. Setiap gerakan tubuh dapat menyebabkan keausan, sehingga tidur membantu mempercepat penyembuhan serta secara alami menghilangkan rasa sakit dalam prosesnya.

Berita Terkait

Berita Terkini