Info

Jangan Diabaikan, Ini Alasan Minum Air Putih saat Bangun Tidur Penting!

Minum air putih langsung saat bangun tidur punya manfaat baik untuk tubuh.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi perempuan hanya minum air putih (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi perempuan hanya minum air putih (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Semua organ dan jaringan tubuh bergantung pada kadar air agar berfungsi dengan baik, itulah sebabnya air putih merupakan nutrisi penting. Karenanya, cukup minum air putih sangat diperlukan.

Tubuh sendiri akan kehilangan air secara teratur, termasuk saat tidur di malam hari. Jadi, tidak heran jika Anda akan merasa haus saat bangun keesokan harinya.

Inilah sebabnya, segera minum air putih saat bangun tidur sangat diperlukan. Dilansir Business Insider, berikut alasan kita harus memulai hari dengan segelas air putih:

1. Membantu rehidrasi tubuh

Enam hingga 8 jam tidur yang direkomendasikan pakar untuk tidur di malam hari adalah periode lama tanpa mengonsumsi air.

Meminum satu atau dua gelas air tepat saat bangun adalah cara yang baik untuk dengan cepat merehidrasi tubuh.

"Kebanyakan orang minum kopi terlebih dahulu di pagi hari. Meskipun merupakan sumber antioksidan yang baik, tapi kopi juga menyebabkan dehidrasi. Anda bisa mengimbangi ini dengan air," kata Rania Batayneh, MPH , ahli gizi dan penulis "The One One One Diet".

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)
Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

2. Meningkatkan tingkat kewaspadaan

"Salah satu indikator terbesar dari tuuh lesu atau kurang berenergi adalah tubuh mengalami dehidrasi. Karena air membantu dalam pengaturan tubuh dan fungsi otak, itu juga terkait erat dengan menyeimbangkan suasana hati kita," sambungnya.

Setelah berjam-jam tidak makan atau minum, hal pertama yang kita konsumsi di pagi hari bisa mengejutkan tubuh. Jika hal pertama adalah air es, itu akan membuat tubuh bekerja dan dapat meningkatkan kewaspadaan serta kurangnya energi.

3. 'Bahan bakar' otak

Menurut Batayneh, dalam hal produktivitas harian, hidrasi sangat penting. Otak manusia terdiri dari 73% air jadi tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga aktivitas otak yang optimal.

"Ketika kita merasa lamban, itu akan tercermin dalam aktivitas pagi, produktivitas di tempat kerja, dan bahkan rutinitas bersama anak-anak."

4. Melawan penyakit

Selama tidur, tubuh dalam mode perbaikan dan pemulihan. Selama waktu ini, sistem kekebalan bekerja keras membersihkan racun dari tubuh.

Minum air yang cukup dapat mempercepat proses tubuh membersihkan racun-racun itu.

"Selain dari otak, sebagian besar bagian utama tubuh lainnya, seperti jantung, ginjal, dan paru-paru, adalah air, katanya. Sederhananya, tetap terhidrasi adalah bahan utama untuk tetap sehat."

Ilustrasi minum air. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air. (Shutterstock)

5. Memulai metabolisme

Karbohidrat dan protein penting yang dikonsumsi setiap hari dimetabolisme dan diangkut melalui air ke seluruh tubuh. Memiliki jumlah air yang cukup dalam sistem tubuh akan membantu meningkatkan metabolisme dan membantu program diet.

"Ketika kita tidak cukup terhidrasi, kita bisa salah mengira haus dengan kelaparan, yang membuat kita makan lebih banyak," tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini