Info

Rasa Haus Berlebih Bisa Jadi Tanda Diabetes Tipe 2, Ini Alasannya!

Diabetes tipe 2 bisa menyebabkan rasa haus berlebih, meski sudah minum banyak air.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Diabetes tipe 2 salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia. Diabetes tipe 2 ini terjadi akibat tubuh tidak memproduksi cukup hormon insulin atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Tanpa hormon insulin yang cukup, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan.

Adapun salah satu tanda peringatan diabetes yang paling umum adalah rasa haus berlebih. Rasa haus terus menerus atau polidipsia merupakan salah satu gejala diabetes pertama yang muncul dengan sendirinya.

Kondisi ini muncul sebagai respons langsung terhadap kadar gula darah yang lebih tinggi dari normalnya.

Gejala polidipsia termasuk memiliki rasa haus yang sulit dijelaskan, terlepas dari berapa banyak air yang diminum. Anda juga bisa berisiko mengalami kondisi ini, bila mengeluarkan lebih dari 5 liter urine setiap hari akibat kebanyakan minum air.

Gejala dan Penyebab Diabetes Melitus serta Bagaimana Cara Menanganinya
Gejala dan Penyebab Diabetes Melitus serta Bagaimana Cara Menanganinya

"Polidipsia adalah istilah yang diberikan untuk rasa haus yang berlebihan sebagai gejala awal diabetes," kata situs medis Diabetes.co.uk dikutip dari Express.

Gejala polidipsia ini biasanya juga disertai kekeringan sementara atau berkepanjangan di mulut. Bila Anda merasa haus sepanjang waktu dan terus berlanjut setelah minum, itu bisa jadi tanda diabetes.

"Jika Anda tidak menderita diabetes, Anda perlu mengunjungi dokter untuk konsultasi mengenai rasa haus yang tak kunjung hilang," jelasnya.

Umumnya, setiap orang harus minum air putih sekitar 2 liter setiap hari. Jika Anda minum lebih dari itu dan masih terasa haus, maka konsultasikan dengan dokter.

Meski begitu, bukan berarti rasa haus pertanda diabetes. Polidipsia juga bisa disebabkan oleh dehidrasi atau infeksi tertentu.

Kenali gejala umum diabetes termasuk, luka yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh, rasa haus berkepanjangan dan mengeluarkan lebih banyak urine daripada sebelumnya.

Berita Terkait

Berita Terkini