Info

Lindungi Diri dari Virus Corona, Jangan Lupa Bawa 3 Benda Ini saat Pergi!

CDC menyarankan untuk membawa 3 benda penting ketika berpergian untuk menghindari penularan virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilusstrasi masker kain (Pixabay/maja7777)
Ilusstrasi masker kain (Pixabay/maja7777)

Himedik.com - Sejumlah orang kembali melakukan aktivitas normal, seperti ke kantor, sekolah dan bertemu teman ketika aturan pembatasan sosial dilonggarkan.

Tetapi, semua orang tetap disarankan melindungi diri dari risiko penularan virus corona Covid-19 selama pandemi belum berakhir dan vaksin belum ditemukan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pun merekomendasikan untuk membawa beberapa item ketika kembali beraktivitas agar terhindar dari virus corona.

Menurut CDC, masker kain, pembersih tangan beralkohol dan tisu adalah 3 benda utama yang perlu dibawa ketika semua orang kembali beraktivitas.

Saran CDC mengenai masker wajah penting untuk selalu dibawa juga sejalan dengan yang direkomendasikan ahli kesehatan beberapa bulan lalu.

Ilustrasi tisu. (Sumber: Shuttertsock)
Ilustrasi tisu. (Sumber: Shuttertsock)

Pada April 2020, CDC juga memperbarui pedomannya untuk merekomendasikan semua orang Amerika untuk mengenakan masker wajah ketika berpergian, terutama di daerah dengan transmisi.

CDC juga merekomendasikan penggunaan pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60 persen sejak awal pandemi virus corona Covid-19, meskipun mencuci tangan secara menyeluruh lebih efektif mencegah penularan virus.

Sementara itu, tisu wajib dibawa karena bisa memberikan perlindungan antara tangan dan permukaan kotor, seperti gagang pintu.

Tapi, seorang profesional kesehatan mengatakan bahwa tisu juga berguna untuk mencegah penyebaran virus ketika orang bersin atau batuk.

"Tisu bisa berguna untuk menutupi hidung dan mulut ketika bersin atau batuk. Anda juga bisa melakukannya ketika hendak menyentuh permukaan kotor atau sering disentuh orang," jelas Linda Morgan, pakar kesehatan dan kebugaran dikutip dari Fox News.

Meski begitu, Linda Morgan meminta seseorang segera membuang tisu yang sudah terpakai dan mencuci tangan untuk mencegah virus corona berpindah ke permukaan atau inang yang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini