Info

Jangan Abaikan Kulit Melepuh dan Gatal, Bisa Jadi Tanda Virus Corona!

Virus corona Covid-19 bisa menyebabkan gejala aneh pada kulit, salah satunya kulit melepuh dan gatal.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kulit gatal dan melepuh. (Shutterstock)
Ilustrasi kulit gatal dan melepuh. (Shutterstock)

Himedik.com - Gejala umum virus corona Covid-19 adalah batuk persisten dan demam tinggi. Tetapi, ada banyak pasien virus corona Covid-19 juga mengalami gejala aneh lainnya.

Salah satunya, virus corona Covid-19 juga bisa menimbulkan masalah kulit, seperti ruam dan gatal. Selain 2 hal itu, virus corona Covid-19 juga bisa menyebabkan kulit melepuh dan gatal.

Baru-baru ini, infeksi virus corona Covid-19 dilaporkan bisa menyebabkan kulit melepuh kecil-kecil, terasa gatal dan lebih sering muncul sebelum gejala umum lainnya. Kondisi ini berlangsung sekitar 10 hari.

Menurut Mayo Clinic, bila biasanya orang mengembangkan gatal-gatal, ruam dan lesi sebagai tanda virus corona. Kali ini, seseorang juga perlu mewaspadai kulit yang melepuh kecil dalam jumlah banyak tanpa sebab.

"Perubahan kulit ini mungkin berlangsung seminggu, muncul bersamaan dengan gejala lainnya dan berhubungan dengan infeksi yang lebih parah," jelas Mayo Clinic dikutip dari Express.

Ilustrasi kulit gatal (shutterstock)
Ilustrasi kulit gatal (shutterstock)

Jika Anda mengalami kulit melpuh tanpa sebab disertai gejala umum virus corona Covid-19, maka perlu mengisolasi diri untuk mencegah penularan.

Adapun gejala umum virus corona mencakup batuk persisten dalam 24 jam yang berlangsung beberapa hari atau minggu, kehilangan indera penciuman dan demam tinggi.

Orang dengan virus corona Covid-19 dipercaya setidaknya akan mengalami satu dari gejala umum tersebut ketika terinfeksi.

Selain penderita, orang yang tinggal satu atap dengan pasien virus corona Covid-19 juga perlu mengarantina diri selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus.

Meskipun patokan masa isolasi orang dengan gejala virus corona selama 7 hari, tapi mereka tetap harus mengisolasi diri bila gejalanya masih belum mereda total.

Berita Terkait

Berita Terkini