Info

Kenali Gejala Covid-19 pada Kulit, Ini 3 Tanda Awal yang Perlu Diperhatikan

Gejala virus corona Covid-19 bisa terlihat pada kulit yang merupakan tanda-tanda awal peringatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi gatal - (Shutterstock)
Ilustrasi gatal - (Shutterstock)

Himedik.com - Gejala Covid-19 umumnya adalah batuk persisten dan demam tinggi. Tapi, banyak pula pasien virus corona Covid-19 yang mengembangkan gejala pada kulit.

"Laporan berita terus menyoroti beberapa gejala virus corona Covid-19 yang terkait dengan kulit," kata peneliti College of Podiatry dikutip dari Expres.

Karena virus corona Covid-19 tergolong baru, maka para profesional kesehatan masih belajar lebih banyak tentang efek dari penyakit ini. Tetapi, laporan lebih lanjut dari ahli kulit dan jurnal memperhatikan bahwa kulit bisa dipengaruhi oleh berbagai jenis ruam di seluruh tubuh dan anggota badan lain.

"Kondisi ini termasuk bintik-bintik seperti cacar air, area yang merah, gatal dan utikaria," jelasnya.

Mereka juga menjelaskan bahwa banyak infeksi virus yang bisa menyebabkan perubahan kulit. Sementara itu, ada beberapa bukti hubungan antara lesi kulit akral tertentu dengan Covid-19.

"Kami masih belum memiliki bukti konklusif bahwa semua yang diamati saat ini terkait dengan infeksi virus corona Covid-19," jelasnya.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)

Meski begitu, ada tiga tanda pada kulit yang diduga bentuk gejala infeksi Covid-19, antara lain:

1. Jari dingin

British Association of Dermatologists (BAD) mengatakan lesi kulit ini memengaruhi tangan kaki yang menyerupai chilblains.

"Chilblains kecil, bengkak dan gatal di kulit yang biasanya terlihat seperti bintik merah atau ungu kecil disebabkan oleh pendarahan di bawah kulit," katanya.

Kondisi itu biasanya terlihat asimetris dan berhubungan dengan pasien yang lebih muda. Di sisi lain, kondisi itu menyebabkan rasa sakit atau gatal pada 19 persen pasien virus corona Covid-19.

2. Lesi urtikaria

Lesi urtikaria ini terdiri dari area kulit berwarna merah muda atau putih yang menyerupai ruam jelatang, biasanya dikenal sebagai wheals dan gatal.

"Lesi ini sebagai besar terjadi pada batang tubuh lalu menyebar ke seluruh tubuh. Beberapa kasus juga terjadi di telapak tangan," jelas BAD.

3. Erupsi vesikular

Erupsi vesikular adalah pecahnya lepuh kecil, beberapa di antaranya muncul di batang tubuh. Kondisi ini juga bisa memengaruhi anggota badan, biasanya berisi darah dan menjadi lebih besar serta menyebar.

"Gejala ini dikaitkan dengan pasien paruh baya dan muncul lebih sering sebelum gejala virus corona lain. Kondisi ini juga dikaitkan dengan gejala tingkat keparahan menengah.

Namun, gatal adalah satu hal yang paling umum dan sering dirasakan oleh 9 persen pasien Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini