Info

Jangan Bingung, Pilih Kandungan Pelembap Ini agar Kulit Tetap Sehat!

Berikut kandungan pelembap yang bagus untuk kulit Anda.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi pakai pelembap. (istockphoto)
Ilustrasi pakai pelembap. (istockphoto)

Himedik.com - Banyak orang masih kesulitan menentukan produk pelembap yang cocok untuk kulit mereka. Terlebih dengan banyaknya pilihan di pasaran.

Jika Anda salah satu dari mereka, cara terbaik memutuskan pelembap adalah dengan cara membaca kandungannya.

Dilansir Insider, berikut panduan mencari kandungan pelembap yang cocok untuk Anda.

Sebagian besar pelembap mengandung tiga jenis bahan, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Pertama, humectant. Kandungan ini menarik air ke lapisan atas kulit, yang disebut epidermis, dari udara dan dari lapisan kulit yang lebih dalam. Humektan yang umum termasuk gliserin, asam hialuronat, dan propilen glikol.

Kedua, ada emollient, seperti shea butter, cocoa butter, dan octyldodecanol. Kandungan ini membantu mengisi retakan pada epidermis dan mengunci kelembapan.

Selanjutnya occlusive, termasuk petrolatum, cetyl alcohol, dan lanolin, yang membentuk pelindung untuk kulit agar tidak kehilangan kelembapan.

Jangan Bingung, Pilih Kandungan Pelembap Ini agar Kulit Tetap Sehat! - 1
Ilustrasi krim pelembab (Shutterstock)

Banyak pelembap mengandung ketiga jenis bahan tersebut, namun ada pengecualian untuk pelembab wajah tertentu.

Beberapa pelembap wajah mungkin memiliki lebih sedikit bahan occlusive berat yang dapat menyumbat pori-pori, dibandingkan dengan losion yang ditujukan untuk kulit tebal pada siku atau kaki.

Berikut ini adalah beberapa bahan pelembap terbaik yang harus Anda cari:

1. Gliserin

Ini adalah bahan paling umum ketiga dalam pelembap, setelah air dan aroma.

Gliserin adalah humektan, yang berarti menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan menarik air dari udara dan lapisan kulit yang lebih rendah. Ini membantu menjaga lapisan atas kulit dari kekeringan. Kekeringan dapat merusak penghalang kulit terhadap bakteri dan iritasi.

2. Hyaluronic acid atau asam hialuronat

Asam hialuronat adalah bahan lain yang ditemukan di banyak pelembap, tetapi juga diproduksi secara alami oleh kulit Anda untuk membantu menahan air.

Namun, seiring bertambahnya usia, Anda mulai kehilangan asam hialuronat di kulit, membuat kulit lebih mungkin mengering.

Ini berarti orang yang sudah tua mungkin ingin mencari pelembap dengan asam hialuronat sebagai bahan utama.

Ilustrasi Krim Pemutih Kulit (Pixabay/chezbeate)
Ilustrasi Krim pelembab (Pixabay/chezbeate)

3. Shea butter

Shea butter adalah bahan alami lain yang berasal dari biji pohon shea. Ini emolien dan berfungsi untuk menghaluskan kulit Anda dan menjaga kelembapan.

Dengan mengisi celah di kulit Anda, emolien seperti shea butter dapat membantu menyembuhkan penghalang kulit yang rusak dan menyembunyikan ketidaksempurnaan untuk membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

4. Petrolatum

Petrolatum adalah bahan occlusive yang bekerja dengan menciptakan lapisan pelindung di kulit Anda untuk mencegah air menguap. Ini adalah occlusive yang paling efektif dalam menyegel kelembapan.

Berita Terkait

Berita Terkini