Info

Duduk di Area Lorong Kantor Berisiko Tertular Covid-19, Ini Penyebabnya

Ahli mengatakan penularan virus corona Covid-19 lebih tinggi bila Anda duduk di area lorong.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi pekerja kantoran (Pixabay/hamonazaryan1)
Ilustrasi pekerja kantoran (Pixabay/hamonazaryan1)

Himedik.com - Penularan virus corona Covid-19 bisa terjadi melalui cairan pernapasan tubuh ketika batuk atau bersin. Tapi, para ahli memperingatkan bahwa duduk di dekat lorong ketika bekerja di kantor juga bisa meningkatkan risiko tertular.

Arup, perusahaan desain dan konsultasi multinasional telah mengembangkan model baru yang menunjukkan bagaimana pekerja kantoran bisa kembali normal setelah pandemi virus corona Covid-19.

Hasil analisis dari Arup menemukan bahwa orang yang duduk di bagian lorong mungkin menghadapai 30 persen lebih banyak interaksi daripada lainnya.

Karena dilansir dari The Sun, duduk di dekat lorong akan meningkatkan terjadinya interaksi antara Anda dengan orang lain. Terlebih orang-orang sering berjalan melewati area lorong.

Ilustrasi kerja (shutterstock)
Ilustrasi kerja (shutterstock)

Pada gilirannya, Anda lebih mungkin tertular kuman yang dibawa oleh orang lain ketika interaksi atau berlalu lalang. Ada pula risiko Anda bertabrakan atau bersenggolan dengan orang lain.

Sejauh ini, ada 42 ribu orang telah meninggal dunia karena virus corona Covid-19 di Inggris. Inggris pun sudah mulai melonggarkan pembatasan sosial, tatapi banyak kantor yang masih ditutup atau berjalan dengan kapasitas karyawan terbatas.

Perusahaan desain Arup pun berpendapat bahwa perusahaan bisa kembali beroperasi dengan kapasitas penuh, bila menerapkan aturan jarak sosial. Tapi, pihaknya mengklaim bahwa hanya sepertiga pekerja yang bisa menjaga jarak 2 meter.

Karena, interaksi di antara para pekerja akan meningkat 20 kali lipat bila semuanya kembali bekerja seperti sebelumnya. Sedangkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan jarak fisik antara satu orang dengan orang lainnya sekitar 1 meter.

Sehingga desain perusahaan juga turut berperan dalam menekan risiko penularan virus corona Covid-19 antar karyawan ketika kembali bekerja.

Berita Terkait

Berita Terkini