Info

Mudah! Begini Cara Pencegahan Bakteri Listeria

Listeria atau listeriosis merupakan infeksi oleh bakteri Listeria monocytogenes yang menyebabkan keracunan makanan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi bakteri Listeria. (Shutterstock)
Ilustrasi bakteri Listeria. (Shutterstock)

Himedik.com - Kabar wabah Listeria di beberapa negara yang disebabkan oleh jamur enoki membuat geger. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian mengambil kebijakan untuk memusnahkan jamur tersebut di dalam negeri.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Dr Ir. Agung Hendriadi, M.Eng, mengatakan jamur enoki yang dimusnahkan adalah jamur impor dari Korea Selatan.

Produk ini diimpor dari Green Co Ltd, Korea Selatan, perusahaan yang sama yang disebut CDC sebagai penyebab wabah di Amerika. "Memerintahkan kepada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan," ujarnya melalui rilis kepada Suara.com, Kamis (25/6/2020).

Dilansir dari Mayo Clinic, Listeria atau listeriosis merupakan infeksi oleh bakteri Listeria monocytogenes yang menyebabkan keracunan makanan.

Jamur Enoki. (Shutterstock)
Jamur Enoki. (Shutterstock)

Bakteria Listeria ini dapat hidup di tanah, air, debu, kotoran hewan dan zat lainnya. Sehingga tak hanya pada jamur enoki, bakteri Listeria bisa terdapat di makanan berikut:

  • Sayuran mentah terkontaminasi oleh tanah atau kotoran ternak yang digunakan sebagai pupuk
  • Daging hewan yang terkontaminasi listeria
  • Susu yang tidak dipasteurisasi (melewati pemanasan tinggi) dan produk lain dibuat darinya
  • Makanan olahan seperti daging deli (daging olahan yang biasanya dijual dalam bentuk lembaran) dan hot dog yang terkontaminasi setelah diproduksi

Cara melindungi diri dari Listeria, pastikan untuk mencuci tangan sampai bersih, jika perlu pakai air hangat dan sabun. Jangan lupa untuk cuci tangan lagi jika Anda mengolah daging atau unggas mentah.

Infografis jamur enoki terkait Listeria. (Suara.com/Ema Rohima)
Infografis jamur enoki terkait Listeria. (Suara.com/Ema Rohima)

Berikut beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk melindungi diri dari bakteri atau penyakit Listeria, dirangkum dari WebMD:

1. Bersihkan semua permukaan dapur, talenan dan peralatan dengan air panas dan sabun setelah selesai memasak.

2. Gosok sayuran mentah di bawah air mengalir.

3. Masak daging, unggas dan telur hingga mencapai 160 derajat Celcius. Jauhkan daging dan unggas mentah dari makanan lain.

4. Gunakan hot dog dan daging deli dalam waktu seminggu setelah Anda membuka kemasan.

5. Cuci tangan Anda dengan sabun sebelum memegang melon utuh. Bersihkan dengan sikat di bawah air mengalir. Makan irisan segera. Buang segala sesuatu yang berada pada suhu kamar lebih dari 4 jam.

6. Jaga suhu di bawah 40 F di dalam kulkas , dan di bawah 0 F di dalam freezer.

Demikian langkah pencegahan yang bisa diambil terkait penyakit Listeria. Semoga membantu!

Berita Terkait

Berita Terkini