cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Biasa Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Ternyata Tinggi Gula

Makan terlalu banyak gula dikaitkan dengan meningkatkan berbagai risiko penyakit, seperti obesitas, masalah jantung, diabetes tipe 2, bahkan kanker.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)
Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)

Himedik.com - Tidak semua makanan yang diklaim sehat sama sekali tidak berisiko pada kesehatan. Berikut adalah beberapa makanan sehat, tapi mengandung gula tinggi. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari, bahwa makanan mereka mengandung tinggi gula.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan yang terlihat sehat namun ternyata memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, antara lain:

1. Yogurt Rendah lemak

Seperti makanan rendah lemak lainnya, yogurt rendah lemak juga mengandung gula untuk memberikan rasa manis.

Misalnya, satu cangkir (245 gram) yogurt rendah lemak dapat mengandung lebih dari 45 gram gula, yaitu sekitar 11 sendok teh. Ini lebih dari batas harian untuk pria dan wanita, hanya dalam satu cangkir yogurt yang dianggap sehat.

Lebih jauh lagi, yogurt rendah lemak tampaknya tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan yogurt penuh lemak. Oleh karena itu, lebih baik Anda memilih yogurt penuh lemak, yogurt alami atau Greek yogurt. Hindari yogurt yang telah dimaniskan dengan gula.

Biasa Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Ternyata Tinggi Gula - 1
Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

2. Saus Tomat

Saus tomat nyatanya juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Melansir dari Healthline, satu sendok makan saus tomat mengandung hampir satu sendok makan gula.

3. Granola

Granola dikenal sebagai makanan sehat yang rendah lemak meskipun tinggi kalori dan gula.

Kandungan utama dari granola adalah gandum, sereal seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Namun, gandum di granola telah dikombinasikan dengan kacang dan madu atau pemanis tambahan lainnya yang meningkatkan jumlah gula dan kalori.

Faktanya, 100 gram granola mengandung sekitar 400-500 kalori dan hampir 5-7 sendok teh gula.

Jika Anda suka granola, cobalah memilih yang mengandung sedikit gula atau membuatnya sendiri.

Ilustrasi susu cokelat. (Shutterstock)
Ilustrasi susu cokelat. (Shutterstock)

4. Susu Cokelat

Susu cokelat tentu telah dicampur dengan biji cokelat dan pemanis. Susu sendiri memang sumber minunan yang kaya dengan nutrisi, baik untuk kesehatan tulang karena kalsium dan proteinnya.

Tetapi susu cokelat mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Setiap 8 ons susu coklet atau 235 ml susu cokelat mengandung 11 gram gula atau hampir 3 sendok makan gula.

5. Sereal Sarapan

Sereal untuk sarapan memang praktis. Hanya saja, konsumsi setiap hari tidak cukup baik untuk kesehatan karena mengandung gula yang cukup tinggi.

Beberapa sereal sarapan, terutama yang dipasarkan untuk anak-anak biasaya memiliki banyak gula tambahan. Beberapa mengandung 12 gram atau 3 sendok teh gula.

Jika terbiasa konsumsi sereal, cobalah periksa label produk dan coba pilih sereal yang kaya serat dan tidak mengandung banyak gula tambahan.

Terkait

Terkini