Info

Wajib tahu, Ini 5 Kesalahan saat Minum Air Putih!

Mungkin banyak yang tidak memahami beberapa kesalahan minum air putih ini.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Seperti yang diketahui, tubuh manusia terdiri dari 60 persen cairan. Maka dari itu, cukup minum air dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk semua proses metabolisme.

Cukup minum air membantu menjaga tubuh kita tetap sehat. Itulah sebabnya saat mengalami dehidrasi, Anda mulai merasa lelah dan lesu. Tapi, ini bukan hanya tentang minum air yang cukup tetapi juga mengonsumsinya dengan cara yang benar.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah lima kesalahan umum yang sering dilakukan saat minum air putih:

1. Minum air sambil berdiri

Seberapa sering ibumu mengingatkanmu untuk tidak minum sambil berdiri? Ada alasan mengapa dia begitu bersikeras. Sesuai Ayurveda, ketika Anda minum air sambil berdiri, Anda tidak mendapatkan nutrisi dari air saat masuk ke perut bagian bawah.

Air putih, ketika dikonsumsi, dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan membuat Anda berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Ketika Anda minum air sambil berdiri, air yang mengalir melalui sistem Anda tidak benar-benar mencapai organ yang seharusnya.

Ilustrasi anak minum air putih. (Shutterstock)
Ilustrasi anak minum air putih. (Shutterstock)

2. Menenggak terlalu banyak dan menelannya terlalu cepat

Menelan air dengan cepat tidak menyelesaikan masalah. Ketika Anda meminumnya dengan cepat, kotoran yang seharusnya keluar disimpan di ginjal dan kandung kemih.

Memiliki air secara perlahan dan minum sedikit dapat membantu memperkuat sistem pencernaan Anda dan meningkatkan metabolisme.

3. Segera minum air putih sebelum atau sesudah makan

Ketika Anda minum air sebelum makan, maka Anda tidak bisa makan dengan benar karena Anda merasa kenyang. Jika Anda tidak makan dengan benar, Anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Dan, jika Anda minum air segera setelah makan, itu mengganggu pencernaan Anda. Bahkan dapat menyebabkan konstipasi dan mual.

4. Terlalu banyak minum air

Meskipun kebanyakan orang tidak minum cukup air, ada beberapa yang berlebihan. Bahkan, minum air putih dapat menyebabkan hiponatremia, juga disebut keracunan air.

Dalam kondisi ini, kadar natrium dalam tubuh bisa menjadi terlalu rendah, yang menyebabkan pembengkakan di otak, koma, dan kejang.

5. Tidak minum air sebelum dan sesudah berolahraga

Banyak orang tidak minum air sebelum dan sesudah berolahraga. Ini bisa menyebabkan sakit kepala. Seseorang harus minum setidaknya 250 ml air sekitar setengah jam sebelum berolahraga. Anda juga harus terus minum air di sela-sela latihan.

(Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Berita Terkait

Berita Terkini