cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Bioskop akan Dibuka, Ini Saran Dokter agar Tetap Aman dari Covid-19!

Dokter memberi saran beberapa langkah pencegahan penularan virus corona Covid-19 ketika pergi ke bioskop atau pub.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Bioskop. (pixabay)
Bioskop. (pixabay)

Himedik.com - Setelah memberlakukan new normal di tengah pandemi virus corona Covid-19, Inggris siap membuka kembali aktivitas di bioskop, pun & bar hingga museum pada 4 Juli 2020 mendatang. Di Indonesia pun, sudah beredar kabar jika beberapa jaringan bioskop akan beroperasi kembali.

Meski demikian, orang-orang tetap harus berhati-hati untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona Covid-19.

Ahli kesehatan menyarankan semua orang harus tetap menjaga jarak sejauh 2 meter, memakai masker atau face shield sebagai tindakan pencegahan penularan virus corona Covid-19.

"Meskipun ruang publik mulai dibuka kembali dan kehidupan terlihat sedikit kembali normal, tapi ancaman virus corona Covid-19 masih ada. Jadi, sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk membatasi penyebaran dan membantu menjaga keamanan semua orang," kata Dr Simran Deo, dokter daring yang berbasis di Inggris, Zava, UK dikutip dari Mirror.

Di samping tindakan pencegahan itu, Dr Deo menyarankan bahwa pengunjung lebih baik mengunjungi ruang publik di waktu yang sibuk atau tidak terlalu ramai.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

"Ini akan membantu Anda menjaga jarak yang aman antara diri sendiri dan orang lain," kata Dr Deo.

Seperti yang kita ketahui, virus corona Covid-19 menyebar melalui tetesan air atau lendir dari hidung dan mulut. Jadi, penggunaan masker bisa melindungi Anda dan orang di sekitar dari risiko infeksi.

Jika Anda ingin pergi ke ruang publik seperti bioskop, Anda mungkin akan membeli popcorn atau permen untuk cemilan ketika menonton film.

Namun, Dr Deo menyarankan lebih baik pengunjung membawa makanan kecil sendiri ketika pergi ke bioskop.

"Jika Anda suka mengonsumsi makanan ringan ketika di bioskop. Saya merekomendasikan Anda membawa makanan sendiri dari rumah dan pastikan selalu mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan sebelum dan sesudah makan," jelas Deo.

Selain itu, Anda juga dilarang berbagi popcorn, permen, minuman atau makanan ringan kepada siapa pun. Anda juga disarankan selalu membuang bungkus makanan dan minuman segera mungkin agar tidak meninggalkan tetesan cairan pernapasan tubuh.

Sementara itu, kenakan sarung tangan dan masker wajah untuk membantu mengurangi risiko penularan virus corona Covid-19 saat berpergian.

"Pakailah sarung tangan bila Anda memilikinya dan cobalah untuk tidak menyentuh wajah atau ponsel secara langsung saat mengenakannya," katanya.

Tapi, Anda harus segera membuang atau mencuci sarung tangan dan masker segera setelah selesai memakainya. Jika semua peralatan itu harus dibuang dan Anda tidak menemukan tempat sampah, bawalah tas plastik untuk menyimpan sarung tangan dan masker bekas demi mencegah penyebaran virus corona.

Terkait

Terkini