cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 09 Agustus 2020

Waspada, Bau Mulut Menyengat Bisa Jadi Tanda Kanker Mulut

Kanker mulut bisa memberikan beberapa gejala, tetapi tanda yang sering disalahartikan adalah bau mulut.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi bau mulut (Pixabay/kreatikar)
Ilustrasi bau mulut (Pixabay/kreatikar)

Himedik.com - Kanker adalah suatu kondisi yang mana sel-sel di bagian tubuh tumbuh dan bereproduksi secara tak terkendali. Ada lebih dari 200 jenis kanker yang masing-masing didiagnosis dan diobati dengan cara tertentu, termasuk kanker mulut.

Karena, jenis kanker sangat bervariasi dalam hal gejala dan lokasi. Saat sel-sel kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh, maka pilihan perawatan Anda semakin sedikit dan peluang harapan hidup kecil.

Sebenarnya beberapa kanker bisa disembuhkan bila dideteksi lebih awal. Beberapa kanker itu termasuk kanker mulut, yang juga dikenal sebagai tumor berkembang di bagian mulut.

Menurut NHS dilansir dari Express, jika kanker mulut ditemukan dini, maka dokter bisa melakukan tindakan pembedahan yang memberikan peluang besar untuk menyembuhkan kanker agar tidak kembali.

Ilustrasi bau mulut [shutterstock]
Ilustrasi bau mulut [shutterstock]

"Itu sebabnya Anda harus melaporkan perubahan apapun yang terjadi di mulut dan bila kondisi itu tidak membaik setelah 3 minggu," kata NHS dikutip dari Express.

Karena, banyak gejala umum kanker mulut bisa disebabkan oleh kondisi medis ringan, seperti infeksi. Satu tanda peringatan kanker umum yang mudah dikaitkan dengan penyebab yang tidak serius adalah bau mulut.

Menurut Cancer Research UK, kebanyakan orang mengalami bau mulut di beberapa titik kehidupan dan itu bukan kanker mulut.

Tetapi, kanker mulut juga bisa menyebabkan bau mulut hang lebih buruk dan lebih sering terjadi. Tanda inilah yang perlu diwaspadai.

Adapun gejala umum kanker mulut, antara lain radang sariawan, benjolan yang muncul tanpa alasan, benjolan yang tidak hilang, kesulitan menelan, penurunan berat badan, pendarahan, kesulitan menggerakkan rahang dan bercak merah atau putih di mulut.

Terkait

Terkini