cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Perlukah Minum Susu agar Tidur Lebih Nyenyak? Ini Faktanya

Minum susu sebelum tidur sering dihubungkan dengan tidur lebih nyenyak.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi susu. (Pixabay)
Ilustrasi susu. (Pixabay)

Himedik.com - Susu dikenal sebagai minuman yang sehat karena mengandung kalsium, protein, fosfor dan kalium. Orang yang memiliki masalah sulit tidur juga disarankan untuk minum susu sebelum tidur. Dikatakan bahwa hal itu dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan mengurangi stres.

Namun benarkah klaim tersebut?

Dilansir dari Times of India, sesuai beberapa penelitian yang dilakukan pada sekelompok kecil manusia dan hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi segala jenis produk susu seperti keju dan susu dapat berdampak positif pada tidur Anda.

Orang yang minum susu sebelum tidur disebut dapat tidur lebih nyenyak di malam hari. Sesuai penelitian, susu mengandung dua senyawa penting yakni triptofan dan melatonin yang dapat bertindak sebagai penginduksi tidur.

Tryptophan membantu dalam produksi neurotransmitter yang disebut serotonin, yang dikenal untuk meningkatkan mood dan menenangkan pikiran Anda.

Di sisi lain, melatonin membantu mengendalikan ritme sirkadian dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Kedua senyawa ini telah terbukti bermanfaat ketika berhadapan dengan masalah gangguan tidur.

Seorang perempuan minum susu. [shutterstock]
Seorang perempuan minum susu. [shutterstock]

Senyawa ini bahkan terdapat dalam suplemen untuk mengatasi insomnia. Namun, masih belum terbukti bahwa dengan meminum segelas susu yang mengandung kedua senyawa ini dapat sama efektifnya dengan suplemen.

Karena kurangnya bukti dan kepercayaan yang kuat dari orang-orang, sebagian besar ahli berpikir bahwa mengonsumsi susu berhubungan dengan efek psikologis. Sebab dikatakan bahwa memiliki sesuatu yang menenangkan sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur malam, inilah yang ditawarkan segelas susu hangat.

Namun di sisi lain, minum susu di malam hari juga dikaitkan dengan penambahan berat badan. Bahkan berbahaya bagi orang yang menderita sembelit dan kebiasaan makan yang tidak menentu.

Ini dapat membuat gejala sembelit menjadi lebih buruk dan menyebabkan masalah pencernaan pada orang yang memiliki kebiasaan makan yang tidak menentu.

Jadi intinya, bukti ilmiah yang menyatakan bahwa minum susu sebelum tidur baik untuk tidur lebih nyenyak belum kuat.

Namun, jika Anda tetap ingin mencobanya, maka tidak ada salahnya minum segelas susu hangat setidaknya 30 menit sebelum tidur. Selain susu, Anda juga bisa menyesap secangkir teh herbal hangat untuk tidur yang lebih baik.

Terkait

Terkini