Info

Walau Stres Kita Harus Tetap Konsumsi Makanan Sehat, Begini Caranya!

Untuk menjaga kesehatan meski sedang stres, kita harus konsisten menjaga pola makan sehat.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi makanan sehat (unsplash/@brookelark)
Ilustrasi makanan sehat (unsplash/@brookelark)

Himedik.com - Stres dapat memengaruhi selera makan seseorang yang membuatnya sulit makan. Tetapi, makan tidak teratur juga dapat menyebabkan stres makin parah, perubahan suasana hati, hingga akhirnya kesehatan memburuk.

"Aspek gizi yang paling penting adalah Anda cukup makan. Respon stres dapat mengurangi selera makan, tetapi itu tidak mengubah kebutuhan kita akan makanan," kata Rachael Hartley, ahli gizi.

Tapi, ada beberapa solusi sederhana agar Anda dapat mengonsumsi makanan sehat meski sedang stres, seperti yang dilansir dari Insider:

1. Buat jadwal dan patuhi

Ahli gizi Brigitte Zeitlin dan pemilik BZ Nutrition merekomendasikan untuk membuat rutinitas makan. Menurutnya, ini akan membantu Anda ingat untuk tetap makan secara konsisten meski sedang kehilangan selera.

"Manusia secara alami lebih nyaman ketika ada batasan. Pola dalam keseharian Anda akan membantu secara alami mengurangi stres dan kecemasan, dan menambahkan sedikit perawatan diri," katanya.

2. Tidak membuka media sosial sebelum sarapan

Zeitlin merekomendasikan untuk menghindari segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan gadget selama 30 hingga 45 menit pertama setelah bangun. Sebagai gantinya, minum air putih dan makan makanan sehat saat sarapan.

"Jangan melewatkan sarapan, itu tidak bisa dinegosiasikan," kata Zeitlin.

Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)

3. Rencanakan makanan ringan

Buatlah rencana untuk makan siang sekitar 4 jam setelah sarapan, lalu camilan sore yang sehat, diikuti makan malam, sehingga Anda makan secara berkala sekitar tiga hingga 4 jam.

Hartley mengatakan waktu makan yang teratur ini penting baik secara mental maupun fisik.

4. Masukkan asupan beberapa protein, karbohidrat, dan lemak dalam setiap makanan

Para ahli merekomendasikan untuk fokus pada nutrisi, terutama keseimbangan makronutrien (lemak, karbohidrat, dan protein) ketika Anda makan.

"Jika Anda memastikan Anda mendapatkan protein saat Anda makan, Anda akan baik-baik saja," ujar Zeitlin.

5. Tetap terhidrasi

Bagian penting dari nutrisi adalah cukup minum. Jika ingin lebih segar, Zeitlin menyarankan untuk menambah perasan jeruk atau buah beku pada air minum Anda.

Anda juga bisa meminum teh. Jenis minuman ini mengandung antiioksidan yang bagus untuk tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini