cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Kopi dan Teh Herbal Disebut Bisa Menangkal Berbagai Penyakit Hati Kronis

Peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi sering dikaitkan secara signifikan dengan peluang yang lebih rendah dari nilai kekakuan hati yang tinggi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi

Himedik.com - Sebuah studi menunjukkan, bahwa minum kopi atau teh herbal disebut menyehatkan untuk hati dan bisa menangkal penyakit hati kronis .

Dilansir dari Science Daily,  sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Hepatology, menemukan bahwa minum kopi dan teh herbal dapat melindungi terhadap fibrosis hati membuat tingkat kekakuan hati yang tinggi pada jaringan parut hati. 

Sarwa Darwish Murad, MD, PhD, peneliti utama studi dan hepatologis di Pusat Medis Universitas Erasmus MC, melanjutkan bahwa ada beberapa epidemiologi yang menunjukkan bahwa kopi memiliki manfaat kesehatan pada peningkatan enzim hati, hepatitis virus, non-alcoholic fatty liver (NAFLD), sirosis, dan kanker hati.

"Kami ingin tahu apakah konsumsi kopi akan memiliki efek yang serupa pada pengukuran kekakuan hati pada individu tanpa penyakit hati kronis," kata Murad.

Data dikumpulkan dari 2.424 peserta studi Rotterdam, sebuah studi kohort berbasis populasi besar termasuk peserta 45 tahun atau lebih yang tinggal di pinggiran kota Rotterdam, Belanda. 

Teh herbal yang menggabungkan bunga-bunga dan tumbuh-tumbuhan herbal lainnya. [shutterstock]
Teh herbal yang menggabungkan bunga-bunga dan tumbuh-tumbuhan herbal lainnya. [shutterstock]

Semua peserta menjalani pemeriksaan fisik yang luas, termasuk pengumpulan data untuk antropometrik, pengambilan sampel darah, pencitraan hepatologis menggunakan USG perut dan Fibroscan yang secara kuantitatif mengukur kekakuan hati. 

Selain itu, mereka mengisi Kuesioner Frekuensi Makanan 389 item yang divalidasi secara eksternal, yang mencakup informasi terperinci tentang konsumsi kopi dan teh.

Peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi sering dikaitkan secara signifikan dengan peluang yang lebih rendah dari nilai kekakuan hati yang tinggi, yaitu jaringan parut hati yang lebih sedikit.

Ilustrasi Teh Herbal. (Pexels)
Ilustrasi Teh Herbal. (Pexels)

Ketika mereka melihat seluruh rentang nilai kekakuan hati, mereka menemukan bahwa sering minum kopi dan konsumsi teh herbal, bahkan dalam jumlah kecil, secara signifikan terkait dengan nilai kekakuan hati yang lebih rendah. 

Efek kopi pada penurunan kekakuan hati juga disebut signifikan pada kedua kelompok dengan dan tanpa lemak hati. 

Oleh karena itu para penulis menyimpulkan bahwa kopi dan teh herbal tampaknya memiliki efek menguntungkan pada pencegahan jaringan parut hati bahkan sebelum penyakit hati terbuka telah berkembang.

Terkait

Terkini