Info

Waspada, 9 Hal Ini Bukan Tanda Pilek Biasa

Ada beberapa tanda yang menunjukkan Anda sedang tidak sekadar mengalami pilek biasa.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pilek - (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi pilek - (Pixabay/Mojpe)

Himedik.com - Bersin, hidung tersumbat dan batuk dikenal sebagai gejala pilek (common cold). Penyakit ini sangat umum terjadi saat musim pancaroba. Namun, bagaimana Anda tahu itu hanya pilek biasa dan bukan penyakit yang lebih parah?

Dilansir dari Health, dokter menjelaskan bagaimana cara mengetahui apakah Anda menderita pilek biasa atau penyakit yang memerlukan kunjungan ke dokter. Berikut 9 tanda bahwa Anda tidak hanya sekadar mengalami pilek biasa.

1. Gejala lebih dari 4 hari
Pilek biasa cenderung sembuh dengan sendirinya dalam tiga hingga empat hari, kata Melisa Lai Becker, MD, kepala situs kedokteran darurat di Cambridge Health Alliance.

Dimulai dengan tenggorokan yang gatal, hidung tersumbat, dan pilek, lalu batuk biasanya timbul. Walaupun batuk dan tetesan hidung Anda mungkin menetap, sebagian besar gejala pilek akan hilang setelah empat hari dibantu istirahat cukup.

2. Pilek setelah kembali dari luar negeri
Mengalami gejala pilek usai perjalanan internasional baru-baru ini adalah tanda bahaya bagi para dokter, karena itu bisa berarti Anda memiliki infeksi yang tidak biasa.

Sangat penting untuk mengunjungi dokter jika Anda memiliki gejala apa pun setelah kembali dari perjalanan ke luar negeri.

Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock)

3. Mengalami demam tinggi
Meskipun demam mungkin terjadi saat terserang pilek, jika Anda mengalami demam tinggi di atas 38 derajat celcius, itu bisa saja tanda radang tenggorokan, kata Dr. Lai Becker. Jadi waspadalah terhadap lonjakan mendadak suhu tubuh Anda.

4. Demam ringan berhari-hari
Bahkan jika demam Anda tidak terlalu tinggi, demam ringan selama beberapa hari berturut-turut bisa menjadi pertanda tubuh Anda berusaha melawan lebih dari pilek, kata Dr. Lai Becker.

Berita Terkait

Berita Terkini