Info

Stop Makan Terlalu Banyak Garam saat Pandemi, Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh

Sebuah studi menunjukkan, bahwa terlalu banyak garam bisa memicu pelemahan sistem kekebalan tubuh.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi garam. (Pixabay/andreas160578)
Ilustrasi garam. (Pixabay/andreas160578)

Himedik.com - Sistem kekebalan tubuh sangat diperlukan untuk menangkal berbagai penyakit, apalagi di tengah pandemi. Tetapi makanan yang tinggi garam nyatanya malah dianggap melemahkan kekebalan tubuh. 

Hal tersebut telah disimpulkan dalam penelitian di bawah kepemimpinan University Hospital Bonn yang  telah dipublikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Dilansir dari Science Daily, sukarelawan manusia yang mengonsumsi enam gram garam tambahan per hari juga menunjukkan kekurangan kekebalan tubuh.  Jumlah ini sesuai dengan kandungan garam dari dua makanan cepat saji. 

Menurut rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah maksimum garam yang harus dikonsumsi orang dewasa adalah 5 gram, kira-kira satu sendok teh. 

Namun kenyataannya, banyak orang yang melebihi batas ini. Robert Koch Institute menunjukkan bahwa rata-rata pria mengonsumsi sepuluh gram garam, sementara wanita lebih dari delapan gram sehari.

Bagaimanapun, natrium klorida yang merupakan nama dari garam ini meningkatkan tekanan darah dan dengan demikian meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. 

Ilustrasi garam. (Shutterstock)
Ilustrasi garam. (Shutterstock)

"Kami sekarang telah dapat membuktikan untuk pertama kalinya bahwa asupan garam yang berlebihan juga secara signifikan melemahkan sistem kekebalan tubuh," jelas Prof. Dr. Christian Kurts dari Institute of Experimental Immunology di University of Bonn.

Temuan ini terbilang tidak terduga karena beberapa studi menunjukkan arah yang berlawanan. Sebagai contoh, infeksi dengan parasit kulit tertentu pada hewan laboratorium sembuh lebih cepat secara signifikan jika mengkonsumsi makanan tinggi garam.

"Hasil kami menunjukkan bahwa generalisasi ini tidak akurat," tegas Katarzyna Jobin, penulis utama studi ini, yang sejak itu dipindahkan ke Universitas Würzburg. 

Ada dua alasan mengapa parasit kulit tertentu sembuh lebih cepat secara signifikan jika mengkonsumsi makanan tinggi garam. Pertama, tubuh menjaga konsentrasi garam dalam darah dan berbagai organ sebagian besar konstan. 

Kalau tidak, proses biologis yang penting akan terganggu. Satu-satunya pengecualian utama adalah kulit karena berfungsi sebagai penampung garam tubuh. 

Garam. (pixabay)
Garam. (pixabay)

Inilah sebabnya asupan tambahan natrium klorida bekerja sangat baik untuk beberapa penyakit kulit. Sebaliknya, natrium dalam tubuh akan disaring oleh ginjal dan diekskresikan dalam urin. Nah, di sinilah mekanisme kedua berperan, ginjal memiliki sensor natrium klorida yang mengaktifkan fungsi ekskresi garam. 

Tetapi, sebagai efek samping yang tidak diinginkan, sensor ini juga menyebabkan apa yang disebut glukokortikoid menumpuk di dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya menghambat fungsi granulosit, jenis sel imun yang paling umum dalam darah.

Pada sukarelawan manusia, asupan garam yang berlebihan juga mengakibatkan peningkatan kadar glukokortikoid yang menghambat sistem kekebalan tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini